Beredar Isu Gempa Bakal Guncang Jabar, Ini Tanggapan Ahli ITB

Kamis, 16 Agustus 2018 - 14:51 WIB
Beredar Isu Gempa Bakal Guncang Jabar, Ini Tanggapan Ahli ITB
Beredar Isu Gempa Bakal Guncang Jabar, Ini Tanggapan Ahli ITB
A A A
BANDUNG - Ahli geotektonik dan kegempaan dari Institut Teknologi Bandung (ITB) Benyamin Sapiie mengatakan, kendati potensi gempa di Jawa Barat diprediksi besar, tapi tidak ada instrumen yang bisa memperkirakan kapan gempa tersebut akan terjadi.

Pernyataan itu menanggapi informasi yang beredar di masyarakat, terkait potensi kekuatan gempa Jabar yang bisa mencapai 8 Skala Richter (SR). Bahkan dalam pesan berantai yang beredar di WhatsApp, gempa diprediksi bakal terjadi dalam waktu dekat. Pesan itu membuat masyarakat resah.

"Secara umum potensi gempa di Jawa Barat jelas ada, termasuk (kekuatannya) besar berdasarkan pendekatan kualitatif, misalnya panjang sesar dan sejarah seismisitas. Tetapi tidak ada metoda yang bisa memprediksi, kapan gempa akan terjadi,"kata Benyamin di Bandung, Kamis (16/8/2018).

(Baca Juga: Kepala PVMBG Nyatakan Potensi Gempa Bumi di Jabar Cukup Besar
Benyamin tidak bisa memperkirakan, apakah gempa bisa mencapai 8 SR, sebagaimana banyak beredar di masyarakat. Namun, kata dia, besaran gempa bisa diperkirakan berdasarkan bukti geologi dan sejarah kegempaan (statistik). Akan tetapi lagi-lagi hal itu tidak bisa menjadi sebuah kepastian.

Untuk meminimalisir korban dan kerusakan yang juga merugikan secara ekonomi, semua masyarakat perlu menyadari dan mengetahui potensi gempa Jawa Barat. Sehingga diharapkan masing-masing individu/masyarakat mempersiapkan program mitigasinya.

"Kita coba hidup bersahabat dengan gempa karena kita hidup pada daerah tektonik aktif bahkan beberapa kota dilewati oleh sesar aktif seperti misalnya Sukabumi dan Lembang," katanya.

Edukasi yang bisa dilakukan kepada masyarakat terkait lingkungan tempat tinggal, baik itu kondisi geologi maupun bangunan dan infrastrukturnya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0822 seconds (0.1#10.140)