Klaim Harga Beras Sudah Turun, Jokowi: Coba Cek di Pasar

Rabu, 28 Februari 2024 - 11:59 WIB
loading...
Klaim Harga Beras Sudah Turun, Jokowi: Coba Cek di Pasar
Harga beras yang beberapa waktu terakhir meroket saat ini diklaim mulai berangsur turun. FOTO/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut harga beras sudah berangsur turun. Hal itu ditegaskannya berdasarkan data-data harian yang diterimanya.

Jokowi pun mempersilakan masyarakat untuk mengecek langsung harga dan stok beras di Pasar Induk Beras Cipinang dan Pasar Beras Johar Karawang.



"Coba dicek, jangan menginformasikan seperti itu ya, coba dicek di Pasar Induk Cipinang, cek ke Pasar Johar. Ini pasar-pasar beras harus dicek, coba dicek," kata Jokowi seusai menghadiri Rapim TNI-Polri di Mabes, Cilangkap, Jakarta, Rabu (28/2/2024).

Menurut Kepala Negara, dari data-data yang diterimanya, harga beras saat ini sudah berangsur turun. Jokowi menegaskan bahwa dirinya selalu mengecek harga dan persediaan beras setiap harinya.

"Coba kalian datang ke Pasar Cipinang cek harga turun apa naik. Cek di Pasar Johar naik atau tidak, turun atau tidak, cek sudah turun. Karena harian itu saya cek. Dan saya itu selalu mendapatkan angka-angka," tegasnya.



Pernyataan Kepala Negara senada dengan klaim Direktur Utama Perum Bulog Bayu Krisnamurthi awal pekan ini. Bayu menyebut harga beras di pasar mulai turun di kisaran Rp1.000-Rp1.500 per kilogram (kg).

Penurunan harga tersebut menurutnya terjadi di Pasar Johar Karawang, setelah Bulog menggelontorkan 200-300 ton beras per harinya melalui Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) atau operasi pasar.

"Upaya yang kami lakukan dengan membanjiri beras SPHP di Pasar Johar Karawang ini cukup membuahkan hasil, dari pantauan kami di lapangan harga beras di sana sudah mulai turun sebesar Rp1.000-Rp1.500 per kilogram," ujar Bayu belum lama ini.
(fjo)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1660 seconds (0.1#10.140)