alexametrics

Kapal SB Putra Kepri Kandas, Tim SAR Evakuasi 38 Penumpang

loading...
Kapal SB Putra Kepri Kandas, Tim SAR Evakuasi 38 Penumpang
Tim SAR Tanjungpinang saat mengevakuasi penumpang kapal SB Putra Kepri di Pelabuhan SBP Tanjungpinang. Foto/Dok SAR Tanjungpinang
A+ A-
TANJUNGPINANG - Tim SAR Kantor Pencarian dan Pertolongan Tanjungpinang mengevakuasi 38 penumpang kapal SB Putra Kepri yang kandas di perairan Lobam, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau (Kepri), Senin (13/8/2018) pagi. Penumpang dievakuasi kapal SAR Resque Boat (RB)-209 milik SAR Tanjungpinang menuju Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Tanjungpinang Budi Cahyadi membenarkan adanya kapal penumpang yang kandas di perairan Lobam. Dia menuturkan, informasi pertama kali diterima pukul 06.29 WIB dari salah seorang penumpang Jonni Gultom Hakim Pengadilan Negeri Tipikor Tanjungpinang.

Mendapat informasi itu, tim SAR langsung menerjunkan kapal SAR RB 209 bergerak ke lokasi kejadian. "Semua penumpang langsung kita evakuasi ke Pelabuhan SBP Tanjungpinang menggunakan kapal SAR RB 209," kata Budi.

Budi menyampaikan, data penumpang kapal SB Putra Kepri sebanyak 38 orang terdiri dari 28 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Diketahui kapal tersebut bergerak dari Tanjungpinang menuju Pelabuhan Telaga Punggur Batam.

Namun, setibanya di perairan Lobam kapal malah kandas. Kapal SB Putra Kepri tidak bisa melanjutkan perjalanan sehingga tim SAR mengevakuasi penumpang.

"Kami sudah koordinasi dengan Syahbandar Tanjunguban, kapal yang mengalami musibah kandas tidak bisa melanjutkan perjalanan ke Tanjungpinang dan ditarik ke dermaga Tanjunguban. Proses lanjut akan dilakukan pemeriksaan pendahuluan oleh Syahbandar," kata Budi.

Setelah proses evakuasi berlangsung, para penumpang tiba di Pelabuhan SBP Tanjungpinang sekitar pukul 09.25 WIB. Untuk penyebab kapal kandas akan diperiksa oleh pihak Syahbandar. "Semua proses berjalan aman dan lancar. Para penumpang dalam kondisi aman," tutup Budi.
(wib)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak