Program Entercrop, Kelompok Tani Binaan PT TPL Panen Jagung

Jum'at, 14 Agustus 2020 - 02:18 WIB
loading...
Program Entercrop, Kelompok Tani Binaan PT TPL Panen Jagung
Kelompok tani di Tapanuli Utara panen jagung perdana program Intercrop PT TPL. Foto/SINDOnews/Robert FHS
A A A
TAPANULI UTARA - Kelompok Tani Hutan (KTH) Berjuang melakukan panen jagung perdana bersama PT Toba Pulp Lestari Tbk (TPL), Kamis (13/8/2020).

Panen berlangsung di Dusun Parlombuan, Desa Tapian Nauli III, Kecamatan Sipahutar, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Provinsi Sumatera Utara.

KTH Berjuang merupakan petani binaan PT TPL dalam budidaya dan juga penerapan program Intercrop.

Humas PT TPL Andre Hutabarat menerangkan, program Intercrop itu dilakukan di kawasan Hutan Tanaman Industri (HTI) PT TPL, yaitu Compt G 388 Sektor Habinsaran dengan luas total lahan 5 hektar dan seluas 3,75 hektar lahan yang akan digunakan sebagai lahan efektif tanaman jagung.

"Program ini dilakukan sejalan dengan visi perusahaan, yakni “Tumbuh dan Berkembang Bersama Masyarakat”.

Program ini telah dimulai sejak Januari 2020, yaitu dari proses pembersihan lahan dan dilanjutkan dengan penanaman perdana serta pemupukan dasar yang dilaksanakan pada Maret 2020 lalu.

PT TPL hadir berkontribusi memberikan dukungannya dalam bantuan material dan juga pendampingan agar program yang dilakukan dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan," jelas Andre, Kamis (13/8/2020).

Ketua KTH Berjuang, Martunas Tambunan mengatakan, KTH beranggota sebanyak 22 kepala keluarga (KK) dan sebelumnya para petani tidak menanam jagung dalam jumlah yang banyak.

“Memang kami tanam jagung, tapi biaya kami tidak ada. Kami tidak pernah menanam jagung berhektar, baru ini lah kami menanam banyak karena dibantu PT TPL. PT TPL telah memberikan bantuan mulai dari awal, yaitu proses tanam, pupuk, obat-obatan untuk tanaman dan juga untuk tahap kedua selanjutnya PT TPL akan memberikan bibit kopi, alpukat serta aren," papar Martunas Tambunan.

Camat Sipahutar Ronal Silitonga mewakili Pemerintah Kabupaten Taput mengharapkan, program kemitraan itu menjadi langkah awal untuk kedepan, bahwasanya PT TPL hadir di tengah masyarakat dan membawa dampak positif. Masyarakat dengan PT TPL hidup berdampingan dan saling bekerjasama. (Baca juga: Sinabung Semburkan Awan Panas, Satu Kecamatan Diguyur Hujan Abu)

"Kami mengucapkan terimakasih kepada pihak TPL yang sudah bermitra dengan masyarakat, khususnya warga kami KTH Berjuang yang ada di Desa Tapian Nauli III Sipahutar ini,” ujar Ronal. (Baca juga: Polres Batu Bara Semprotkan Desinfektan di 9 Titik Fasilitas Umum)
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1271 seconds (0.1#10.140)