Benarkah Video Aliran Sesat Kiai Izinkan Tukar Pasangan Sekadar Konten?

Selasa, 27 Februari 2024 - 17:49 WIB
loading...
Benarkah Video Aliran Sesat Kiai Izinkan Tukar Pasangan Sekadar Konten?
Video aliran sesat yang menampilkan seorang Kiai izinkan tukar pasangan bagi jamaahnya. Foto youtube
A A A
Warganet Tanah Air dihebohkan dengan viralnya video aliran sesat yang menampilkan seorang Kiai izinkan tukar pasangan bagi jamaahnya. Video meresahkan ini langsung menuai banyak tanggapan di media sosial .

Sebagai informasi, video viral tersebut awalnya diunggah di kanal YouTube Mbah Den (Sariden). Meski sudah dihapus oleh pengunggah, namun potongan-potongan videonya telah tersebar luas di media sosial dan membuat gaduh.

Berdasarkan pantauan SINDOnews, Selasa (27/2/2024), tampak sebuah video yang memperlihatkan seorang perempuan bercadar duduk di depan empat pria yang diduga sebagai pemimpin aliran. Pada salah satu penuturannya, pemimpin aliran itu menyampaikan bahwa para jamaahnya boleh bertukar pasangan asalkan sama-sama suka.

Tak hanya itu, masih banyak sejumlah pernyataan kontroversial dari pemimpin aliran tersebut. Salah satunya ketika menyebut dirinya akan menjamin dunia akhirat jemaahnya hingga membolehkan hubungan antara saudara kandung.

"Dunia akhirat saya yang jamin. Kalau ada saudara yang mau ngaji disini boleh. Misalnya situ sama adik, pingin sama dia silakan, gitu sama lakinya adik boleh. Silahkan aja udah," ucapnya.

Potongan-potongan video itu telah viral di media sosial dan menimbulkan kegaduhan.

Bimasislam Kemenag RI memberikan keterangan melalui Kepala Subdirektorat Bina Paham Keagamaan Islam dan Penanganan Konflik, Kementerian Agama RI melalui laman instagramnya. Kepala Subdirektorat Bina Paham Keagamaan Islam dan Penanganan Konflik, Kementerian Agama RI, Dedi mengungkapkan, kemungkinan video tersebut dibuat untuk mendapatkan perhatian di media sosial.

Untuk itu, Dedi menyatakan perlunya klarifikasi langsung kepada pembuat video pertama, yaitu Gus Samsudin, agar mendapat informasi yang lebih lengkap sehingga Kemenag dapat mengambil tindakan yang tepat. “Kami melihat adanya kemungkinan video di akun YouTube Mbah Den (Sariden) dibuat untuk menarik perhatian di media sosial,” ungkapnya saat dihubungi wartawan melalui saluran telepon, Senin (26/2/2024).

Ia menyebut, Kemenag akan mengambil langkah untuk mengklarifikasi konten yang telah menimbulkan kontroversi, fitnah, dan konflik di tengah-tengah masyarakat Islam khususnya.

“Siapa saja boleh berkreasi sesuai dengan hobinya. Boleh mengunggah foto, video, karya seni, musik, dan jenis karya lainnya. Tetapi, karya yang diunggah tidak memicu konflik di masyarakat,” ujarnya.

Pihak kepolisian juga langsung bergerak cepat dan mendatangi pengunggah video yang ternyata adalah YouTuber warga Kabupaten Blitar, Samsudin.

Setelah dilakukan penelusuran, diketahui informasi bahwa video di atas ternyata fiktif belaka. Adapun tujuannya tak lain untuk menaikkan subscriber kanal YouTube milik pengunggahnya.

"Kami sudah mendatangi yang bersangkutan (pengunggah video). Itu hanya konten, tapi ini sudah meresahkan," ujar Kapolres Blitar AKBP Wiwit Adisatria, seperti dikutip Selasa (27/2/2024).

Kendati hanya konten, Polres Blitar menyebut pihaknya tetap akan memberikan tindakan tegas kepada yang bersangkutan. Meski sebatas konten, namun isi video tersebut telah membuat gaduh dan meresahkan masyarakat, khususnya umat Muslim.

Jadi, bisa diketahui bahwa video viral yang memperlihatkan seorang kiai izinkan tukar pasangan bagi jemaahnya adalah konten fiktif belaka. Namun, pengunggah video tersebut dalam hal ini akan segera ditindaklanjuti oleh pihak berwenang.

(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2588 seconds (0.1#10.140)