Museum Geologi Gelar Day & Night at The Museum

Minggu, 12 Agustus 2018 - 00:05 WIB
Museum Geologi Gelar Day & Night at The Museum
Museum Geologi Gelar Day & Night at The Museum
A A A
BANDUNG - Untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-73, Museum Geologi Bandung menggelar event menarik 'Day & Night at the Museum' pada Sabtu (11/8/2018) malam mulai pukul 19.00-22.00 WIB.

Kepala Museum Geologi Bandung Iwan Kurniawan mengatakan, museum memiliki kaitan erat dengan dunia pendidikan. Museum merupakan lembaga yang turut berperan dalam upaya meningkatkan sumber daya manusia (SDM). Informasi yang disuguhkan di museum dapat membantu meningkatkan wawasan siswa dan guru tentang suatu bidang ilmu.

Begitu pula dengan tugas dan fungsi Museum Geologi Bandung, Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Materi utama yang disebarluaskan oleh Museum Geologi Bandung, yaitu informasi tentang geologi.

“Dengan demikian, dalam melaksanakan tugas dan fungsinya museum dapat menjadi suatu lembaga pendidikan informal, sebagai upaya untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa,” ujar Iwan di Museum Geologi Bandung, Jalan Diponegoro, Kota Bandung,

Dengan berorientasi menggaet pengunjung atau visitor oriented, Museum Geologi Bandung dituntut untuk berinovasi dalam hal penyelenggaraan pelayanan publik yang bersifat simbiosis mutualisme. Inovasi Museum Geologi diwujudkan dalam special event yang dikemas berbeda, yaitu Night at The Museum (NTM).

“NTM sebagai bentuk wujud nyata Badan Geologi melalui Museum Geologi memperingati Hari Kemerdekaan RI dengan tema nasional 73 Tahun Kerja Kita Prestasi Bangsa,” kata Iwan.

Adapun Day & Night at The Museum bertema “Fauna Endemik Sulawesi, Jejak Terpendam dari Lembah Walanae”. Tema ini dipilih karena telah selesai direkontruksi.

Selain itu, Museum Geologi juga memperkenalkan koleksi terbaru, Celebochoerus heekereeni fosil vertebrata khas (endemik) dari Lembah Wallanaea, Sulawesi Selatan. “Fosil babi purba ini berusia sekitar 2-3 juta tahun,” tutur dia.

Iwan mengungkapkan, Celebochoerus heekereeni merupakan hasil penelitian yang dilakukan oleh Pusat Survei Geologi (dulu Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi atau PPPG). Sejak 1986 hingga 1992 di lembah Wallanae, para pakar mengumpulkan ribuan fosil fauna. Fosil Celebochoerus heekereni yang paling dominan, mencapai lebih dari 85% dari populasi fosil yang dikumpulkan.

Selain Day & Night at The Museum, Museum Geologi juga menggelar seminar dengan tema, “Fauna Endemik Sulawesi dengan referensi khusus Celebochoerus heekereeni dari lembah Wallanae, Sulawesi Selatan”. Seminar ini menghadirkan pembicara Prof Fachroel Aziz dan GD Van den Bergh.

“Kami juga menggelar pameran Fauna Endemik Sulawesi, menjelahi Museum dengan foto 3D (Geomuseum Store), Culinary Night (Jajanan Malam), dan games untuk anak-anak. “Night at The Museum memberikan nuansa wisata kuliner yang diharapkan jadi unsur utama perekat rangkaian berwisata sebagai pintu gerbang citra pariwisata Bandung,” pungkas Iwan.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6410 seconds (0.1#10.140)