alexametrics

Ma'ruf Amin Cawapres Jokowi, Begini Komentar Ketua MUI Jateng

loading...
Maruf Amin Cawapres Jokowi, Begini Komentar Ketua MUI Jateng
Ketua MUI Jateng, KH Ahmad Darodji. FOTO/IST
A+ A-
SEMARANG - Ketua MUI Jawa Tengah, KH Ahmad Darodji ikut mengomentari terpilihnya Ketua Umum MUI KH Ma'ruf Amin sebagai calon wakil presiden (cawapres) Joko Widodo (Jokowi). Dia mengaku bersyukur Ma'ruf Amin menjadi cawapres petahana.

"Fenomena pemilihan sekarang berbeda. Orang memilih bupati atau gubernur berdasarkan figur, seperti halnya di Jawa Tengah, juga figur yang terpilih. Bagi saya, ini Pak Jokowi figurnya bagus, Pak Ma'ruf Amin juga bagus. Itu karena kedekatan hati dari figur," kata Darodji di Semarang, Jumat (10/8/2018).

"Saya bersyukur, Ketua Umum MUI kami menjadi cawapres. Track record yang memang harus terjadi, sejak perjuangan kemerdekaan sudah terjadi yaitu kaum nasionalis dan ulama atau religius bersama-sama menyusun Pancasila," ujarnya.

Dia menilai, Ma'ruf Amin merupakan tokoh ulama yang nasionalis tulen sehingga cocok berpasangan dengan Joko Widodo. "Nasionalis dan religius sudah on the track itu, Pak Ma'ruf Amin adalah ulama yang nasionalisnya tulen. Ulama Indonesia adalah negarawan, kemudian nasionalis juga religius, seperti Pak Jokowi adalah muslim yang baik," ujarnya.

Meski sang Ketua Umum MUI menjadi cawapres, Darodji tak terlalu khawatir MUI akan menjadi alat politik. Sebab ketika masuk MUI, maka harus melepas keanggotaan kepartaian dan harus fokus dengan tanggung jawab di lembaga tersebut. "Tidak khawatir MUI ke ranah politik, sekarang itu ketuanya banyak, sekretarisnya banyak, tanpa beliau kami masih bekerja dengan mekanisme atau sistem. Kalau mundur sekarang, kalau tidak kepilih saya kehilangan ketua umum dong," ujarnya.

Darodji menegaskan, MUI tidak berpolitik praktis karena di MUI lepas baju politiknya. "Namun kalau nyoblos siapa terserah saja. MUI ada yang dulu dari PPP, PKB, Golkar juga ada," ujarnya.
(amm)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak