Makam Gajah Milik Bonbin Curug Sewu Kendal Dibongkar

Rabu, 08 Agustus 2018 - 18:18 WIB
Makam Gajah Milik Bonbin Curug Sewu Kendal Dibongkar
Makam Gajah Milik Bonbin Curug Sewu Kendal Dibongkar
A A A
KENDAL - Tim Balai Pelestarian Situs Manusia Purbakala Sangiran membongkar makam Ludo, gajah milik Kebun Binatang Mini Curug Sewu Patean, Kendal, Jawa Tengah yang mati tiga tahun lalu. Penggalian makam bertujuan untuk mengambil tulang gajah berusia 88 tahun tersebut.

Pembongkaran makam gajah Ludo sudah dilakukan Tim Balai Pelestarian Situs Manusia Purbakala Sangiran sejak, Selasa (7/8/2018). Tulang gajah Ludo nantinya digunakan sebagai bahan perbandingan antara fosil dan tulang gajah sebenarnya.

Salah satu anggota tim Balai Pelestarian Situs Manusia Purbakala Sangiran, Niko Suko Dwiyanto mengatakan, penggalian makam gajah Ludo sudah mendapatkan izin dari Kantor Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jateng. Kegiatan ini dilakukan selama dua hari, Selasa-Rabu (7-8/8/2018).

"Kami sedang mencari tulang gajah. Kebetulan mendapat rekomendasi makam gajah yang ada di objek wisata Curug Sewu yang mati tiga tahun lalu silam," katanya kepada wartawan, Rabu (8/8/2018).

Petugas Kebun Binatang Mini Curug Sewu Kendal, Budiyanto mengatakan, penggalian tulang gajah sudah mendapatkan izin dari BKSDA dan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olaraga Kabupaten Kendal. "Nantinya tulang gajah ini akan dibawa ke Sangiran setelah dilakukan proses pembersihan. Semua tulang masih lengkap namun ada beberapa tulang yang rapuh," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3893 seconds (0.1#10.140)