3 Doa Pendek agar Bisa Dipertemukan ke Bulan Ramadan, Yuk Amalkan

Senin, 26 Februari 2024 - 11:07 WIB
loading...
3 Doa Pendek agar Bisa Dipertemukan ke Bulan Ramadan, Yuk Amalkan
Ada doa-doa yang bisa kita amalkan agar bisa disampaikan ke bulan Ramadan. Doa ini penting diketahu umat Islam, karena umur dan ajal adalah rahasia Allah SWT. Foto ilustrasi/ist
A A A
Ada doa-doa pendek yang bisa kita amalkan agar bisa disampaikan ke bulan Ramadan . Doa ini penting diketahu umat Islam, karena umur dan ajal adalah rahasia Allah SWT. Sehingga memohon doa agar bisa bertemu bulan suci Ramadan sangat penting bagi kaum muslim.

Bahkan para Salafus Shalih sering mengamalkanya enam bulan sebelum Ramadan tiba. Mereka sungguh-sungguh berdoa agar dipertemukan dengan bulan mulia tersebut.

Doa agar Disampaikan ke Bulan Ramadan :

1. Doa Pertama

Doa pertama yang bisa dibaca kaum muslim diketengahkan dalam Hadis berikut. Doa ini cukup mashur di kalangan muslim

اَللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِى رَجَبَ وَ شَعْبَانَ وَ بَلِغْنَا رَمَضَانَ


Allahumma baariklanaa fii Rojaba wa Sya'baana wa ballighnaa Romadhon.

Artinya: "Ya Allah berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya'ban, serta pertemukanlah kami dengan bulan Ramadhan." (Hadits riwayat Al-Baihaqi dan at-Thabrani)

2. Doa Kedua

Dari 'Ubadah bin ash-Shamith berkata bahwa Rasulullah ﷺ mengajari para sahabat doa ini. Doa ini juga selalu dibaca ulama Tabi'in, Yahya bin Abi Katsir menjelang bulan Ramadhan.

أللهمَّ سَلِّمْنِي مِنْ رَمَضَانَ، وَسَلِّمْ رَمَضَانَ لِي، وَتَسَلَّمْهُ مِنِّي مُتَقَبَّلًا


Allahumma sallimnii min Romadhona wa sallim Romadhona lii, wa tasallamhu minnii mutaqabbalaa.

Artinya: "Ya Allah, sampaikan aku (dengan selamat) menuju bulan Ramadhan. Sampaikanlah Ramadhan kepadaku, dan terimalah amal ibadahku (di bulan) Ramadhan." [Hilyatul Auliya' (1/4200]

3. Doa Ketiga

Doa berikutnya bisa dengan membaca doa doa yang diajarkan oleh Nabi ﷺ berikut. Beliau mengajarkan doa ketika melihat hilal (bulan baru):

اللَّهُ أَكْبَرُ، اللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالْأَمْنِ وَالْإِيمَانِ، وَالسَّلَامَةِ وَالْإِسْلَامِ، وَالتَّوْفِيقِ لِمَا تُحِبُّ وَتَرْضَى، رَبُّنَا وَرَبُّكَ اللَّهُ


Allahu Akbar, Allahumma ahillahu 'alaina bil amni wal imaani, wassalaamati wal Islaami, wattaufiiqi limaa tuhibbu wa tardha, Robbunaa wa Rabbukallah.

Artinya: "Allah Maha Besar, Ya Allah tampakkan hilal itu kepada kami dengan membawa keamanan dan keimanan, keselamatan dan Islam, serta taufiq yang membimbing kami menuju apa yang Engkau cintai dan Engkau ridhai. Tuhan kami dan Tuhan kamu (wahai bulan) adalah Allah." (HR ad-Darimi 1729). Hadits serupa dengan sedikit perbedaan redaksi diriwayatkan Imam Ahmad dan at-Tirmidzi)



Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1424 seconds (0.1#10.140)