Program Joint Degree Prodi HI UPN Veteran Jakarta dengan Ablaikhan University Kazakhstan Siap Dibuka

Minggu, 25 Februari 2024 - 23:56 WIB
loading...
Program Joint Degree Prodi HI UPN Veteran Jakarta dengan Ablaikhan University Kazakhstan Siap Dibuka
Delegasi UPN Veteran Jakarta dipimpin Koordinator Program Studi Hubungan Internasional, Wiwiek Rukmi Dwi Astuti, dan Sekretaris Program Studi, M. Chairil Akbar Setiawan, di kampus Ablaikhan University, Almaty Kazakhstan. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Prodi Hubungan Internasional (HI) di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UPN Veteran Jakarta telah menyelesaikan tahap akhir persiapan untuk membuka program Joint Degree (Gelar Bersama) dengan Departemen Hubungan Internasional di Ablaikhan University of International Relations and World Language, Kazakhstan.

Proses finalisasi kerja sama internasional ini dilakukan di kampus Ablaikhan University, Almaty Kazakhstan, melalui kunjungan langsung dari delegasi Prodi HI FISIP UPN Veteran Jakarta pada 19-22 Februari 2024. Langkah ini merupakan tindak lanjut dari Memorandum of Understanding (MOU) tentang kerja sama internasionalisasi akademik yang disepakati sebelumnya pada tahun 2022.

Delegasi dari UPN Veteran Jakarta yang dipimpin oleh Koordinator Program Studi Hubungan Internasional, Wiwiek Rukmi Dwi Astuti, dan Sekretaris Program Studi, M. Chairil Akbar Setiawan, tiba di Almaty, Kazakhstan pada Senin (19/2/2024). Mereka disambut hangat oleh sejumlah pejabat dari Rektorat, Fakultas, dan Departemen Ablaikhan University.



Para pejabat yang hadir antara lain Wakil Rektor untuk pengembangan strategis, Dana Kunanbayeva; Wakil Rektor untuk Urusan Akademik, Assel Chaklikova; Wakil Rektor untuk Kerjasama Internasional, Zhanar Zhyltyrova; serta beberapa pejabat lainnya.

Selama dua hari, sejumlah topik penting dibahas, terutama terkait konversi SKS, pilihan mata kuliah, jumlah ijazah yang akan dikeluarkan, metode perkuliahan dan magang, hingga mekanisme penyelesaian tugas akhir. Sinkronisasi kurikulum kedua universitas menjadi aspek krusial dalam persiapan pembukaan Program Joint Degree.

Rapat tersebut berjalan dengan sukses dan menghasilkan beberapa kesepakatan penting. Salah satu kesepakatan tersebut adalah pembukaan Program Joint Degree antara Prodi HI FISIP UPN Veteran Jakarta dan Ablaikhan University akan dimulai pada semester ganjil tahun akademik 2024-2025.

Pengiriman mahasiswa oleh masing-masing universitas akan dimulai pada semester Genap 2025-2026 atau Januari 2025. Mahasiswa dalam program ini akan menghabiskan empat semester studi di universitas tujuan.



Program Joint Degree ini pada dasarnya merupakan upaya dari UPN Veteran Jakarta untuk meningkatkan kualitas akademik mahasiswanya dalam semangat internasionalisasi akademik. Kelas Internasional pertama akan dibuka pada bulan Juni 2024 mendatang yang akan menjadi wadah bagi program Joint Degree dengan Ablaikhan University, Kazakhstan.

Ablaikhan University merupakan salah satu universitas terkemuka di Kazakhstan yang fokus pada kajian Hubungan Internasional dan menawarkan pembelajaran dalam 14 bahasa asing.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2018 seconds (0.1#10.140)