Gawat! Wabah Chikungunya Serang Desa Bandung Jombang, Puluhan Warga Terinfeksi

Sabtu, 24 Februari 2024 - 10:35 WIB
loading...
Gawat! Wabah Chikungunya Serang Desa Bandung Jombang, Puluhan Warga Terinfeksi
Warga di Kabupaten Jombang dibuat resah dengan merebaknya wabah Chikungunya yang menyerang mereka dalam beberapa pekan terakhir. Foto: iNews TV/Mukhtar Bagus
A A A
JOMBANG - Warga di Kabupaten Jombang dibuat resah dengan merebaknya wabah Chikungunya yang menyerang mereka dalam beberapa pekan terakhir. Selain wabah Chikunguya, sebanyak empat orang meninggal dunia karena demam berdarah.

Serangan wabah Chikungunya terjadi di Desa Bandung, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Secara tiba-tiba, warga merasakan sakit pada persendian tangan maupun kakinya.

Tak hanya satu atau dua orang, warga yang mengalami gejala serupa mencapai puluhan orang.



Sebagian di antaranya bahkan terpaksa harus dilarikan ke rumah sakit. Akibat serangan wabah cikungunya tersebut, warga mengeluh kesakitan jika kakinya dipakai berjalan. Mereka yang tidak tahan bergegas pergi ke rumah sakit untuk melakukan perawatan medis.

Korban Chikunguya Umul Khoiriyah mengaku, penyakit chikungunya awalnya menyerang seorang warga setempat, kemudian terus bertambah jumlah. ”Karena banyak yang kena, jadi saya terinfeksi juga,” kata Warga Desa Bandung ini.



Saat ini, kondisinya saat ini semakin membaik. Sebelumnya, selama hampir sepekan ia nyaris tergolek tak berdaya d atas tempat tidurnya. “Apalagi setiap bangun tidur, tangan dan kaki sulit digerakkan, sakit dan ngilu. Tapi, sekarang Alhamdulilah agak mendingan,” ungkapnya.

Mayoritas warga memilih bertahan di rumah dengan mengonsumsi obat-obatan pereda nyeri atau mendatangkan mantri kesehatan yang ada di Desa Bandung. Beruntung, meski jumlah warga yang terserang sangat banyak, namun mayoritas dapat sembuh perlahan.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1982 seconds (0.1#10.140)