Asap Karhutla Ancaman Terbesar Asian Games 2018

Jum'at, 03 Agustus 2018 - 21:30 WIB
Asap Karhutla Ancaman Terbesar Asian Games 2018
Asap Karhutla Ancaman Terbesar Asian Games 2018
A A A
PALEMBANG - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyatakan, bencana asap karena karhutla merupakan ancaman terbesar pelaksanaan Asian Games 2018. Diperlukan strategi jitu dan padamkan sekecil apapun apinya.

Hal ini ditegaskan Panglima saat memimpin apel komando operasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) bersama Kapolri Jendral Tito Karnavian dalam rangka Pengamanan Asian Games 2018 di Griya Agung, Jumat (3/8/2018). Semua pihak diminta komitmen mengantisipasi karhutla di wilayah Sumatera Selatan.

"Asap menjadi ancaman dalam pelaksanaan Asian Games yang tinggal menghitung hari. Diperlukan strategi jitu agar karhutla bisa ditekan sedini mungkin," ujarnya Jumat (3/8/2018).

Seluruh elemen yang turut menangani karhutla termasuk masyarakat harus berhati-hati dan terus mencegah api. "Ancaman asap mungkin ancaman terbesar pada Asian Games nanti, ada api sekecil apapun langsung bergerak dan padamkan," katanya.

Menurut Panglima, ada tiga konsep yang dapat digunakan dalam penanganan karhutla, yakni pembasahan lahan gambut, penggunaan teknologi modifikasi cuaca, dan operasi darat yang difokuskan di 55 desa rawan karhutla di Sumsel. "Sudah kita tempatkan pasukan tidur bersama dengan masyarakat dan terus memantau apabila terjadi kebakaran," sebutnya.

Sebelumnya, Mabes TNI menambah pasukan penanganan karhutla dengan menerjunkan 200 prajurit Kostrad. Ratusan pasukan Kostrad ditempatkan di empat kabupaten yang jika terbakar, asapnya mengepul ke Palembang, yakni OKI, OI, Banyuasin dan Muara Enim.

Sementara Apel Komando Karhutla sendiri diikuti seluruh instansi yang terlibat termasuk asosiasi dan perusahaan perkebunan dan HTI.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9522 seconds (0.1#10.140)