Anak Muda Diajak Tangkal Terorisme lewat Dunia Maya

Kamis, 02 Agustus 2018 - 20:34 WIB
Anak Muda Diajak Tangkal Terorisme lewat Dunia Maya
Anak Muda Diajak Tangkal Terorisme lewat Dunia Maya
A A A
YOGYAKARTA - Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) DIY bekerja sama dengan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menggelar Literasi Digital Sebagai Pencegahan Radikalisme dan Terorisme di Masyarakat, Kamis (2/8/2018).

Acara yang digelar Cavinton Hotel Yogyakarta ini untuk mengajak anak muda menjadi agen dalam melawan konten radikal di dunia maya. “Dengan gadget yang Anda milik, kalian bisa ikut berperan dalam pencegahan terorisme,” terang Gardjito Kasilo, Praktisi Komunikasi yang menjadi narasumber.

Secara khusus, dosen di sejumlah perguruan tinggi ini mengajari peserta tentang bagaimana cara membuat meme, video ataupun status di media sosial yang positif. “Caranya sangat mudah, cukup hanya dengan menyebarkan konten-konten positif, konten perdamaian, persatuan dan lainnya anda sudah ikut berperan bagi bangsa untuk mencegah terorisme,” terangnya.

Dalam kesempatan itu, para peserta yang terdiri dari penggiat media sosial, mahasiswa, komunitas dan lain sebagianya ini diajak langsung berpraktik membuat konten positif. Mereka dibagi dalam sepuluh kelompok dan pada akhir sesi diminta menampikan hasil karyanya.

Sementara itu Kasubdit Pemberdayaan Masyarakat BNPT Andi Intang Dulung yang juga hadir dalam acara itu meminta semua elemen masyarakat tidak bersikap apatis. Perlu bersinergi dan bahu membahu dalam pencegahan terorisme ini.

“Keberadaan media sosial pun kini dimanfaatkan untuk penyebaran paham yang membahayakan. Masyarakat harus bersikap cerdas menyaring informasi,” terangnya.

Selain Gadjito dan Andi Intang, Wakil Ketua Dewan Pers Ahmad Djauhar, serta Dosen Ilmu Komunikasi UGM Wisnu Martha Adiputra SIP MSi juga menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut. Para peserta sangat antusias mengikuti acara tersebut hingga berakhir sekitar pukul 17.15 WIB.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4662 seconds (0.1#10.140)