Lagu Tombo Ati: Nasihat Sunan Bonang dari Referensi Banyak Kitab

Jum'at, 23 Februari 2024 - 10:09 WIB
loading...
Lagu Tombo Ati: Nasihat Sunan Bonang dari Referensi Banyak Kitab
Makam Sunan Bonang, pencipta lagu Tombo Ati. Ilustrasi: Flickr
A A A
Lagu “Tombo Ati” atau " Obat Hati " seringkali diputar menjelang atau ketika Ramadan . Konon, lagu ini sebagai ajaran Sunan Bonang atau Raden Maulana Makhdum Ibrahim di Tuban, Jawa Timur (1465-1525 M). Lagu ini didendangkan secara turun menurun karena diajarkan pada murid-murid Sunan.

Sejatinya syair lagu "Tombo Ati" jika dilacak asal usulnya, ditemukan bahwa ajaran ini ditemukan dalam kitab Majmu’ Rasa’il Ibnu Rajab yang merupakan kumpulan risalah Ibnu Rajab al-Hanbali (1335-1393 M).

Selain dalam karya Ibnu Rajab, ajaran ini juga ditemukan sebagai nasihat Ibrahim al-Khawash (wafat 903 M) yang dikutip dalam kitab Dzam al-Hawa karya Ibnu Jauzi (1116-1201 M). Tidak itu saja. Nasihat ini juga diberikan oleh Yahya bin Mu’adz ar-Razi (830-871 M) yang ditulis dalam karyanya, kitab Dzam Qaswat al-Qalb.



Nasihat ringkas dan mendalam dalam untaian syair ini menjadi populer di masyarakat Islam di pulau Jawa, lalu dipopulerkan secara lebih luas karena dilagukan dalam bahasa Indonesia oleh Opick pada tahun 2005. Hingga kini, lagu ini masih terus populer dengan kreasi baru dan di-cover oleh banyak orang di media sosial.

Ini membuktikan bahwa mengajarkan kebaikan dengan media lagu atau syair menjadikan ajaran itu menjadi lebih mudah diingat dan tersimpan dalam memori jangka panjang.

Lima Obat Hati

Pertama, Membaca Al-Qur’an dan Maknanya (Qiraat Al-Qur’an bi at-Tadabbur)

Membaca Al-Qur’an dengan makna terjemah yang direnungi (tadabbur) menjadi lebih bermakna dan menghidupkan hati. Jika Hanya dengan membaca saja mampu menguatkan batin seseorang, membaca setiap ayat dengan perlahan dan perenungan akan menjadikan seseorang setidaknya paham dengan makna umumnya dan tidak sekadar membacanya dengan singkat.

Kedua, Mendirikan Salat Malam (Qiyam al-Lail)

Bangun dan memohon kepada Allah di waktu sepertiga malam merupakan terapi yang memiliki dampak positif yang kuat bagi kondisi diri seseorang.



Selain karena kondisi malam hari yang lebih tenang dan lebih damai sehingga mengondisikan diri untuk beribadah saat itu. Begitu juga karena pada waktu itu seseorang bisa memanfaatkannya sebagai waktu untuk berdoa dan memohon ampunan, dimana waktu sepertiga malam terakhir adalah waktu yang tepat untuk berdo’a.

Ketiga, Berkumpul dengan Orang-orang Baik (Mujalasat ash-Shalihin)

Orang-orang baik atau saleh adalah orang-orang yang selalu menebar kebaikan dan membawa nilai-nilai positif bagi orang lain. Orang-orang seperti ini akan memberikan nasihat dan saran yang baik untuk siapapun yang berada di sekitarnya, dan selalu berusaha untuk tidak menyakiti dengan perbuatan dan lisannya.

Poin ini adalah satu-satunya terapi obat hati yang berkaitan dengan sisi sosial dalam kehidupan seseorang. Karena diri seseorang terpengaruh atau berpengaruh dengan kondisi sosial di sekitarnya, di sisi lain setiap orang tidak bisa hidup sendiri. Akan tetapi orang-orang shalih selalu memberikan dukungan kepada orang lain untuk berbuat baik dan tangguh dalam menghadapi kehidupan, bukan sebaliknya.



Keempat, Banyak Berpuasa (Khola al-Bathn)

Berpuasa memang membuat fisik sedikit merasa lemah karena tidak mengkonsumsi makanan dan minuman, tidak seperti biasanya. Di sisi lain, kondisi yang lebih lemah itu juga menjadikan seseorang kemudian bersifat lebih lembut dari biasanya. Jikapun dalam kondisi puasa seseorang itu marah, dia akan menyesal karena dengan marah itu kondisi fisiknya menjadi lebih lemah dan cepat lapar.

Kelima, Zikir di Waktu Malam (at-Tadharru’ ‘inda as-Sahr)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1568 seconds (0.1#10.140)