Kemenhub Serahkan 5 Bus Air Seharga Miliaran Rupiah

Rabu, 01 Agustus 2018 - 18:48 WIB
Kemenhub Serahkan 5 Bus Air Seharga Miliaran Rupiah
Kemenhub Serahkan 5 Bus Air Seharga Miliaran Rupiah
A A A
PALEMBANG - Menjadi tuan rumah Asian Games bersama Jakarta telah memberikan banyak manfaat bagi Palembang dan Sumsel pada umumnya. Selain telah berdiri sederet infrastruktur, Sumsel juga kebagian sarana transportasi air berupa lima bus air yang harganya Rp2,2 miliar per unit.

Selama Asian Games, kelima unit bus ini digunakan untuk menunjang transportasi di Kota Palembang. Nantinya, kelima bus air tersebut akan dibagi untuk Kota Palembang tiga unit, Pemprov Sumsel satu unit, dan satu unit untuk Pemkab Banyuasin.

"Selain untuk Asian Games juga bisa dipergunakan untuk menunjang pariwisata sungai di Kota Palembang. Kelima bus air diberikan nama BA Lais, BA Baung, BA Seluang, BA Gabus dan BA Patin," ujar Menhub Budi Karya Sumadi saat serima terima lima bus air di BKB Kota Palembang, Rabu (1/8/2018).

Bus air tersebut sangat bagus lengkap dengan fasilitasnya penunjang. Bus air ini memiliki lebar 3,5 m dan panjang 12 meter serta dua mesin berbobot 250 x 2 PK yang mampu membawa 20 penumpang.

“Tentu dilengkapi alat-alat keselamatan untuk tranportasi air. Dengan adanya bantuan lima unit bus air ini, kami berharap keindahan Sungai Musi akan lebih menonjol saat berwisata sungai," katanya.

Sementara itu, Gubernur Alex Noerdin mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Perhubungan. "Terima kasih atas bantuannya, hari ini kami mendapatkan rezeki lagi yaitu 5 Bus Air. Ini semua untuk Asian Games," ujarnya.

Menurut Alex, begitu banyak rezeki yang didapat dari Kementerian, ini semua didedikasikan rakyat Kota Palembang untuk Provinsi Sumsel dalam membela nama baik Republik Indonesia dalam perhelatan akbar yaitu Asian Games 2018 yang tinggal 17 hari lagi. "Mari semua rakyat Sumsel kita sambut Asian Games dengan antusias," ucapnya.

Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Budi Setiyadi menambahkan, bus air buatan dalam negeri ini memiliki nilai Rp2,2 miliar ini bagi Pemprov Sumsel dan Pemkot Palembang akan digunakan untuk menunjang wisata air.

“Sementara bagi Pemkab Banyuasin akan digunakan mengangkut penumpang jalur sungai dari Banyuasin ke Palembang. Tarifnya akan disesuaikan oleh pemerintah setempat nantinya seetlah Asian Games,” tambahnya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6490 seconds (0.1#10.140)