Pedagang Menjerit, Kenaikan Harga Beras Terparah Sejak 20 Tahun

Kamis, 22 Februari 2024 - 16:56 WIB
loading...
Pedagang Menjerit, Kenaikan Harga Beras Terparah Sejak 20 Tahun
Rini (43) pedagang beras di Pasar Cijantung, Jakarta Timur mengeluhkan harga beras yang terus melambung. FOTO/Muhammad Farhan
A A A
JAKARTA - Harga beras yang terus naik semakin menyusahkan pedagang. Pedagang di Pasar Cijantung, Jakarta Timur, Rini (43) menyampaikan kenaikan harga beras kali ini terparah sejak 20 tahun berdagang.

"Harga beras saat ini terparah sepanjang saya berjualan beras sejak 2001," kata Rini saat ditemui di Pasar Cijantung, Jakarta, Kamis (22/2/2024).

Rini menjelaskan kondisi mahalnya harga beras tersebut dibarengi dengan langkanya ketersediaan di pasar. Ia pun mengeluhkan tingkat penjualan yang menurun. "Harga berasnya mahal dan langka, sementara pasarnya sepi," ujar Rini.

Rini mengungkapkan, harga normal termurah beras sebelumnya yakni Rp.9000 per liter. Namun saat ini, harga beras dengan kualitas paling rendah yakni Rp12.500 per liter. "Harga Rp12.500 itu untuk beras yang kelas terendah, kualitasnya agak pera'," katanya.



Rini mengaku, stok beras saat ini yang tersedia hanya berupa beras Bulog. Dia mengatakan, untuk menyediakan stok beras produksi lokal harga jualnya terlalu tinggi. "Itu pun untuk kuota beras Bulog juga agak-agak susah juga. Apalagi kualitas Thailand, sedikit pera berasnya. Lebih bagus kualitas Pakistan," tutur Rini.

Oleh sebab itu, Rini berharap harga beras dan ketersediaannya kembali normal. "Harapannya untuk ke depan, kenaikan dan kelangkaan beras ini semoga cepat teratasi. Semoga segera panen raya, karena kalau sudah panen raya itu berasnya bagus dan pilihannya banyak," ungkap Rini.

Ia menjelaskan jika mengacu pada kebiasaan musim, seharusnya menjelang bulan Maret sudah panen raya.

"Untuk musim sih, katanya sih Panen Raya itu bulan Maret. Tetapi katanya sih banyak yang gagal panen sehingga mundur jadinya stok terbatas namun permintaannya banyak. Makanya harganya tinggi, jadinya pada tidak berani," jelas Rini.



Sebagaimana diketahui, harga beras di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC) masih mahal. Tercatat, harga beras termahal mencapai Rp20 ribu per kg. Harga beras saat ini memang sedang mengalami kenaikan yang signifikan.

Mengutip data terakhir PT Food Station Tjipinang Jaya, per Kamis (22/2/2024), harga beras Cianjur Kepala per hari ini adalah Rp19.329 yang merupakan harga tertinggi pada Februari 2024.

Dibandingkan dengan 15 Februari 2024, harga beras Cianjur Kepala saat itu berada di level Rp18.786 per kg. Dengan kata lain, harga beras Cianjur Kepala telah mengalami kenaikan Rp543 per kg.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1705 seconds (0.1#10.140)