Bantu Masyarakat, Pemkot Denpasar Sudah Distribusikan 3.522 Paket Sembako

Kamis, 30 April 2020 - 22:28 WIB
loading...
Bantu Masyarakat, Pemkot Denpasar Sudah Distribusikan 3.522 Paket Sembako
Penyerahan bantuan sembako kepada masyarakat terdampak Covid-19 di Kota Denpasar.
A A A
DENPASAR - Dampak ekonomi akibat merebaknya virus corona mulai dirasakan oleh masyarakat. Tak terkecuali di Kota Denpasar. Melihat kondisi ini Pemkot Denpasar langsung bergerak cepat memberikan bantuan paket sembako kepada warganya yang terdampak akibat Covid-19 ini.

Pemberian paket sembako ini diutamakan bagi keluarga yang kurang mampu, kaum disabilitas, para lansia dan penyandang masalah kesejahteraan sosial lainya, termasuk juga orang yang berstatus ODP, PDP dan keluarga yang positif Covid-19, serta karyawan yang mengalami PHK dan yang dirumahkan.

Penyaluran bantuan sembako ini dilaksanakan karena menyangkut kebutuhan pokok warga, namun demikian dilaksanakan dengan sistem jemput bola. Secara akumulasi per 29 April kemarin, total sembako yang telah disalurkan Pemkot Denpasar melalui Dinas Sosial mencapai 3.522 paket.

Kepala Dinas Sosial Kota Denpasar, Made Mertajaya menjelaskan bahwa dalam pembagian sembako ini tetap dilaksanakan dengan memperhatikan dan mengikuti rambu-rambu antisipasi serta protokol kesehatan cegah Covid-19. "Bantuan ini merupakan program perlindungan sosial dan ekonomi akibat dampak Covid-19," katanya, Kamis (30/4/2020).

"Tahun ini bernama Program Sembako dengan perluasan jenis komoditi yang mengandung sumber karbohidrat seperti beras, jagung, sagu, sumber protein hewani seperti telur, daging ayam, ikan, sumber protein nabati seperti tahu, tempe, kacang-kacangan dan sumber vitamin mineral seperti sayur-sayuran dan buah-buahan," ujar Mertajaya.

"Dalam langkah percepatan penyaluran di tengah merebaknya virus Corona, Dinas Sosial mempercepat penyaluran dengan cara jemput bola disamping kerjasama dengan e-warong yang ada," jelasnya.

Selain itu, Dinas Sosial Kota Denpasar bersama Koordinator Tenaga Kesejahteraan Sosial (TKS), Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), pendamping PKH dan Bank Tabungan Negara sekaligus melaksanakan sosialisasi cegah virus Corona terhadap masyarakat dengan membagikan selebaran upaya pencegahan.

Petugas juga telah menyiapkan sabun cuci tangan, hand sanitizer dan cairan disinfektan. Paket bantuan sembako tersebut isinya antara lain Beras, Mie Instan, Minyak Goreng, Sarden, Susu Bubuk, Gula Pasir, Sabun Mandi, Sabun Cuci dan Tas Kain.

"Secara akumulasi total sembako yang telah disalurkan mencapai 3.522 paket yang dilaksanakan secara bertahap dengan menyasar seluruh masyarakat Desa/Kalurahan di Kota Denpasar, semoga bantuan ini dapat meringankan beban masyarakat ditengah pandemi Covid-19 ini," pungkasnya. (humasdps)
(alf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0981 seconds (0.1#10.140)