Angin Tornado Muncul di Rancaekek, BRIN Siap Lakukan Investigasi

Kamis, 22 Februari 2024 - 09:16 WIB
loading...
Angin Tornado Muncul di Rancaekek, BRIN Siap Lakukan Investigasi
Angin Tornado Muncul di Rancaekek. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Angin tornado muncul di wilayah Rancaekek, Kabupaten Bandung dan sebagian wilayah Sumedang pada Rabu (21/2/2024) sore hingga menghancurkan beberapa bangunan. Badan Riset dan Inovasi Nasional ( BRIN ) pun mengaku akan melakukan investigasi mendalam.



Dalam sebuah cuitan di media sosial X, pakar klimatologi BRIN, Erma Yulihastin mengatakan bahwa tornado yang muncul tercatat sebagai tornado pertama di Indonesia. Disebut bahwa perlu investigasi mendalam untuk mengetahui lebih detail tentang tornado tersebut.

"Kami tim periset dari BRIN secepatnya akan melakukan rekonstruksi dan investigasi tornado Rancaekek pada hari ini (21/2/2024)," cuit Erma.

Erma mengungkap, investigasi akan dilakukan dengan mempelajari kronologi foto-foto dan video dari masyarakat dan media yang beredar. Menurutnya, ini dapat membantu periset untuk mengungkap karakteristik tornado yang dinilai sama dengan yang terjadi di Amerika Serikat itu.

"Kronologi foto-foto dan video dari masyarakat dan media sangat membantu periset dalam mendokumentasikan extreme event yg tercatat sebagai tornado pertama ini," ujarnya.

Untuk diketahui, tornado yang muncul di Rancaekek berwujud pusaran angin berwarna gelap. Kemunculannya menyebabkan kepanikan bagi warga mengingat tidak sedikit bangunan yang rusak dan dalam beberapa video terlihat bagaimana puing-puingnya terangkat.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1956 seconds (0.1#10.140)