Rumah Zakat Kerahkan Relawan dan Kirim Sembako Bantu Korban Gempa Lombok

Senin, 30 Juli 2018 - 17:37 WIB
Rumah Zakat Kerahkan Relawan dan Kirim Sembako Bantu Korban Gempa Lombok
Rumah Zakat Kerahkan Relawan dan Kirim Sembako Bantu Korban Gempa Lombok
A A A
BANDUNG - Ribuan makanan kemasan dan sembako akan disalurkan Rumah Zakat kepada korban gempa bumi 6,4 Skala Richter (SR) yang terjadi di wilayah Lombok, Sumbawa, dan Bali. Tak hanya itu Rumah Zakat juga menurunkan tim relawan dari Sumbawa. Mereka sedang menuju lokasi bencana untuk membantu proses evakuasi.

"Rumah Zakat telah menurunkan tiga orang relawan untuk support pengiriman bantuan tahap awal. Para relawan akan melakukan assesment dampak dan kebutuhan serta mendistribusikan bantuan sembako serta kornet dan rendang Superqurban," kata CEO Rumah Zakat Nur Efendi di Kantor Rumah Zakat, Jalan Tetangga, Kota Bandung, Senin (30/7/2018).

Menurut dia, tim yang dikirimkan diharapkan dapat membantu warga dan menginventarisir kebutuhan warga korban gempa.

Seperti diketahui, gempa bumi berkekuatan 6,4 SR mengguncang wilayah Lombok, Bali, dan Sumbawa. Data sementara, tercatat 16 orang meninggal dunia, 355 luka-luka dan seribuan unit rumah rusak. Dampak terparah dari gempa terdapat di Kabupaten Lombok Timur.

Sebelumnya, kata dia, sebanyak 3.000 kaleng kornet dan rendang Super qurban sudah tiba di Ambon hari Minggu (29/7/2018). Paket itu untuk disalurkan kepada warga Suku Amuse Ane di Gunung Morkelle, Maluku Tengah yang mengalami kekurangan pangan. Pemberangkatan Superqurban tersebut dilakukan sejak Kamis (26/7) yang dibawa oleh para relawan Rumah Zakat.

"Perjalanan relawan menuju lokasi Suku Mausu Ane memang tidak mudah. Hari ini insya Allah Superqurban akan diterima oleh warga di Maluku Tengah. Semoga dapat menjadi asupan gizi bagi saudara-saudara kita yang sedang mengalami krisis bahan pangan lokal," jelas Nur.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9340 seconds (0.1#10.140)