6 Pemicu Wabah Kolera yang Mematikan di Afrika Selatan

Rabu, 21 Februari 2024 - 19:19 WIB
loading...
6 Pemicu Wabah Kolera yang Mematikan di Afrika Selatan
Wabah kolera mematikan melanda Afrika Selatan. Foto/Reuters
A A A
PRETORIA - Wabah kolera yang parah saat ini melanda masyarakat di Afrika Selatan . Itu menyebar melintasi perbatasan dan menurut para ahli merupakan krisis terburuk yang melibatkan penyakit ini yang pernah terjadi di kawasan ini dalam satu dekade terakhir.

Ribuan orang telah meninggal, dan ribuan lainnya telah terinfeksi penyakit diare akut di setidaknya tujuh negara. Di beberapa negara yang terkena dampak paling parah, wabah ini memaksa jutaan pelajar untuk tetap tinggal di rumah pada bulan Januari.

Di seluruh wilayah, pusat tanggap darurat bermunculan di lapangan sekolah dan stadion, dan dipenuhi pasien yang mengeluh kesakitan. Kekhawatiran semakin meningkat bahwa jika wabah ini tidak segera diatasi, staf layanan kesehatan akan kewalahan.

6 Pemicu Wabah Kolera yang Mematikan di Afrika Selatan

1. Kurangnya Air Bersih

6 Pemicu Wabah Kolera yang Mematikan di Afrika Selatan

Foto/Reuters

Melansir Al Jazeera, dalam panggilan darurat untuk mengatasi wabah ini awal bulan ini, para pemimpin Komunitas Pembangunan Afrika Selatan (SADC) mengatakan mereka berupaya menghentikan penyebarannya, namun kurangnya air bersih.

Disebabkan oleh bakteri vibrio cholerae, kolera menginfeksi usus kecil, menghasilkan racun yang sulit dikeluarkan oleh tubuh dengan mengeluarkan muntahan atau diare encer dalam jumlah besar, yang menyebabkan dehidrasi cepat. Kasus yang ringan dapat hilang setelah beberapa hari menjalani pengobatan rehidrasi oral, namun pada kasus yang parah – sekitar satu dari 10 – dapat menyebabkan kematian dalam satu hari jika tidak ditangani.


2. Sudah Mewabah Sejak Januari 2022

6 Pemicu Wabah Kolera yang Mematikan di Afrika Selatan

Foto/Reuters

Sejak Januari 2022, setidaknya 188.000 orang telah terinfeksi kolera di tujuh negara di Afrika Selatan: Zambia, Zimbabwe, Malawi, Mozambik, Tanzania, Afrika Selatan, dan Republik Demokratik Kongo. Lebih dari 4.100 orang tewas, menurut badan kemanusiaan PBB, OCHA.

Penyakit ini telah menyebar sejak tahun 2022. Meskipun Zambia yang terkena dampak paling parah baru melaporkan kasus pertamanya pada bulan Oktober 2023, lebih dari 18.804 orang telah terinfeksi pada hari Kamis, yang menurut pihak berwenang merupakan wabah terburuk yang pernah ada di negara tersebut. Setidaknya 658 orang telah meninggal sejak Oktober.

Malawi, dengan setidaknya 59.000 kasus sejak awal tahun 2022, juga melaporkan wabah kolera terbesar yang pernah ada. Di Zimbabwe, 21.000 kasus sejak Februari 2023 menjadikan epidemi ini sebagai yang terburuk kedua dalam sejarah. DRC yang juga merupakan anggota SADC memiliki jumlah kasus tertinggi yakni 71.000 kasus, sedangkan Afrika Selatan mencatat jumlah kasus terendah yakni 1.076 orang.

Kasus bulanan di negara-negara yang terkena dampak berkisar sekitar 2.000 infeksi sejak Januari 2023, namun kemudian mencapai puncaknya pada Januari 2024 dengan angka 3.400 kasus, menunjukkan tingkat penularan yang lebih tinggi pada bulan Februari.

3. Sanitasi yang Buruk

6 Pemicu Wabah Kolera yang Mematikan di Afrika Selatan

Foto/Reuters
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1614 seconds (0.1#10.140)