10 Tahun Berjuang, Prodi Teknik Kimia UII Raih Akreditasi A

Kamis, 26 Juli 2018 - 23:00 WIB
10 Tahun Berjuang, Prodi Teknik Kimia UII Raih Akreditasi A
10 Tahun Berjuang, Prodi Teknik Kimia UII Raih Akreditasi A
A A A
SLEMAN - Program Studi (Prodi) Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia (FTI UII) berhasil meraih akreditasi A. Predikat ini tertuang dalan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor: 1796/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2018, tertanggal 17 Juli 2018.

Ketua Tim Visitasi Prodi Teknik Kimia FTI UII, Sholeh Ma'mun mengatakan untuk mendapatkan akreditasi A perlu proses panjang. Dimulai pada 2008 dengan akreditasi B. Lalu saat akreditasi ulang pada 2013 kembali mendapat B. Baru pada akreditasi 2018 akhirnya meraih A.

"Ini merupakan capaian dan peningkatan yang luar biasa, apalagi jumlah perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki Program Studi Teknik Kimia dengan akreditasi A masih terbilang sedikit," kata Sholeh, Kamis (26/7/2018).

Sholeh menjelaskan, saat ini baru ada 13 perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki Prodi Teknik Kimia dengan akreditasi A. Sepuluh perguruan tinggi negeri (PTN) dan tiga perguruan tinggi swasta (PTS). Satu di antaranya UII. "Ini artinya secara nasional Teknik Kimia UII mampu bersaing," ujarnya.

Dengan akreditasi ini, kata Sholeh, bukan berarti UII telah selesai dalam meningkatkan kualitas pendidkkan. Justru sebaliknya kampus ini akan terus meningkatkan kualitas dan memperbaiki apa yang menjadi catatan asesor.

"Sebagai catatan Prodi Teknik Kimia UII meraih nilai sempurna (nilai 4 skala 4) untuk publikasi. Tercatat ada 77 publikasi selama tiga tahun terakhir, yakni 39 nasional dan 38 internasional," kata Kepala Laboratorium Penelitian Teknik Kimia UII.

Ketua Prodi Teknik Kimia FTI UII Faisal mengungkapkan rasa syukurnya atas raihan akreditasi A tersebut. Apalagi UII merupakan PTS pertama dan satu-satunya di Jawa Tengah dan DIY dengan raidhan akreditasi A pada Prodi Teknis Kimia.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.8917 seconds (0.1#10.140)