Klub Liga 1 Tolak Lepas Pemain ke Timnas Indonesia, Erick Thohir: Harusnya Legawa

Selasa, 20 Februari 2024 - 15:08 WIB
loading...
Klub Liga 1 Tolak Lepas Pemain ke Timnas Indonesia, Erick Thohir: Harusnya Legawa
Klub Liga 1 Tolak Lepas Pemain ke Timnas Indonesia, Erick Thohir: Harusnya Legawa
A A A
JAKARTA - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir , memberikan respons soal polemik beberapa klub Liga 1 yang menolak pemainnya dipanggil ke Timnas Indonesia U-23. Eks presiden Inter Milan itu yakin bahwa persoalan tersebut akan ada jalan keluarnya.

Timnas Indonesia U-23 asuhan Shin Tae-yong akan mentas di Piala Asia U-23 2024 yang digelar di Qatar mulai 15 April mendatang. Namun, kejuaraan tersebut bukan agenda FIFA sehingga klub para pemain tidak wajib melepasnya ke Timnas Indonesia U-23.

Alhasil, ada beberapa klub Liga 1 yang menolak melepas pemainnya ke skuad Garuda Muda -julukan Timnas Indonesia U-23. Untuk yang terang-terangan menolak memberikan pemainnya ke Timnas Indonesia U-23, yakni ada Persija Jakarta dan Borneo FC.



Erick Thohir memberikan respons terkait penolakan tersebut. Eks presiden Inter Milan itu yakin ke depan akan ada solusi dari permalasahan ini dan berharap pihak klub mau diajak kerjasama. Ia juga menyinggung soal prioritas membela negara dengan membela klub.

"Saya yakin ada jalan, bahwa pasti semua baik-baik saja kalau semua mau legawa, semua mau memprioritaskan, apakah merah putih? Apakah kelompok?" ungkap Erick Thohir kepada awak media termasuk MNC Portal Indonesia di Menara Danareksa, Jakarta, Selasa (20/2/2024).

Padahal, Timnas Indonesia U-23 butuh skuad terbaiknya karena ditargetkan lolos ke babak delapan besar Piala Asia U-23 2024. Hingga saat ini, Shin Tae-yong belum mengumumkan nama-nama pemain yang dipanggil ke skuad Timnas Indonesia U-23.

"Pasti nanti kita bicara tentu ketika ada klub yang mensupport Timnas, ya nanti fleksibilitas aturan liganya kita bicarakan, karena tidak mungkin liga besar tanpa timnas," cetus Erick Thohir.

Di sisi lain, Erick Thohir tak menampik bahwa Liga 1 juga harus tetap berjalan dengan kompetitif. Sehingga, ia berharap nantinya baik persoalan Timnas Indonesia dan Liga 1 sama-sama bisa terselesaikan dengan baik.

"Tanpa liga yang bersih, tidak mungkin menghasilkan pemain yang baik. Jadi masalah timnas dan liga akan ada jalan keluarnya. Suwon FC yang bukan dari klub Indonesia mendukung Timnas Indonesia, apalagi klub Indonesia," tutup Erick Thohir.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1981 seconds (0.1#10.140)