alexametrics

KPU Tetapkan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum Pemenang Pilgub Jabar

loading...
KPU Tetapkan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum Pemenang Pilgub Jabar
Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum resmi ditetapkan sebagai gubernur dan wakil gubernur Jabar terpilih, Selasa (14/7/2018). Foto/SINDOnews/Agung Bakti Sarasa
A+ A-
BANDUNG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat resmi menetapkan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum sebagai gubernur-wakil gubernur Jabar terpilih di ajang Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jabar 2018.

Penetapan dilakukan melalui Rapat Pleno Terbuka Penetapan Paslon Terpilih pada Pemilihan Gubernur Wakil Gubernur Jabar 2018 di Aula Setia Permana Kantor KPU Jabar, Jalan Garut, Kota Bandung, Selasa (24/7/2018).



Ketua KPU Jabar Yayat Hidayat menyatakan, penetapan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum sebagai gubernur-wakil gubernur Jabar berdasarkan Peraturan KPU Nomor 145 Tahun 2018 tentang Penetapan Pasangan Calon Terpilih. "Ini merupakan bentuk kepatuhan terhadap PKPU," kata Yayat.

Terlebih, Mahkamah Konstitusi (MK) sudah mengumumkan bahwa dari 171 pilkada yang telah digelar, hanya 70 pilkada yang diadukan ke MK, sementara sisanya tidak diadukan, termasuk di dalamnya Pilgub Jabar 2018.

Yayat menjelaskan, berdasarkan hasil rekapitulasi suara, pasangan nomor urut 1 Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum memperoleh 7.226.254 suara, nomor urut 2 TB Hasanuddin-Anton Charliyan 2.773.078 suara, nomor urut 3 Sudrajat-Ahmad Syaikhu 6.317.465 suara, dan nomor urut 4 Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi 5.663.198 suara.

"Dengan demikian, karena sistem Pilgub Jabar ini suara mayoritas, maka KPU Jabar menetapkan paslon nomor urut 1 sebagai gubernur dan wakil gubernur Jabar terpilih," tegasnya.

Menurutnya, penetapan ini akan dituangkan dalam berita acara dan surat keputusan KPU Jabar yang kemudian disampaikan ke DPRD Provinsi Jabar sebagai rekomendasi permohonan pelantikan kepada pemerintah pusat. Berita acara penetapan juga disampaikan kepada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan pimpinan partai politik (parpol).

Sementara itu, Pj Gubernur Jabar Mochamad Iriawan yang hadir dalam rapat pleno terbuka itu menyampaikan apresiasinya atas kelancaran pelaksanaan Pilgub Jabar. Menurutnya, Pilgub Jabar menjadi cerminan pelaksanaan pilkada di provinsi lain, bahkan menjadi sorotan dunia.

"Ini berkat kerja keras semua perangkat, termasuk perangkat keamanan, semua bergerak. Jabar jadi cerminan bagi provinsi lain, bahkan dunia," kata Iriawan.

Iriawan pun mengapresiasi tingkat partisipasi pemilih di Pilgub Jabar 2018 yang mencapai 71 persen. Menurutnya, capaian tersebut luar biasa karena partisipasi pemilih di Pilgub 2013 hanya 63 persen.

"Berarti ini betul-betul hak politiknya disalurkan. Karena parameter suksesnya pilkada adalah tersalurkannya hak pemilih," tandasnya.
(zik)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak