alexametrics

2 Kali Meletus, Gunung Agung Keluarkan Abu Setinggi 1.500 Meter

loading...
2 Kali Meletus, Gunung Agung Keluarkan Abu Setinggi 1.500 Meter
Gunung Agung dua kali meletus pada Selasa (24/7/2018) siang. Letusan pertama terjadi pukul 12.52 Wita dan letusan kedua pukul 13.36 Wita. Foto/Istimewa/PVBMG
A+ A-
KARANGASEM - Gunung Agung dua kali meletus pada Selasa (24/7/2018) siang. Letusan pertama terjadi pukul 12.52 Wita dan letusan kedua pukul 13.36 Wita.

"Benar Gunung Agung meletus lagi," kata Kepala Sub-Bidang Mitigasi Pemantauan Gunungapi Wilayah Timur PVMBG Devy Kamil Syahbana.

Pada letusan pertama, Gunung Agung mengeluarkan abu setinggi 1.500 meter di atas puncak atau sekitarĀ  4.642 meter di atas permukaan laut. Kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah timur dan tenggara. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 23 mm dan durasi 3 menit 26 detik.

Sedangkan pada letusan kedua tinggi abu teramati 700 meter di atas puncak atau 3.842 meter di atas permukaan laut. Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang condong ke arah timur dan tenggara. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 22 mm dan durasiĀ  2 menit 13 detik.



Devy Kamil Syahbana mengatakan, aktivitas Gunung Agung masih belum stabil dan berpotensi untuk erupsi kembali. Oleh karena itu PVMBG masih menetapkan Zona Perkiraan Bahaya pada radius 4 km.

"Energi aktivitasnya teramati berfluktuasi, namun hingga saat ini belum menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan. Sampai saat ini status Gunung Agung masih berada di level III,"paparnya.

Dia menegaskan, masyarakat di sekitar Gunung Agung dan pendaki, pengunjung, wisatawan agar tidak berada, tidak melakukan pendakian dan tidak melakukan aktivitas apa pun di Zona Perkiraan Bahaya. Zona Perkiraan Bahaya sifatnya dinamis dan terus dievaluasi dan dapat diubah sewaktu-waktu mengikuti perkembangan data pengamatan Gunung Agung yang paling aktual.
(wib)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak