Genosida Gaza oleh Israel Disamakan dengan Aksi Hitler, Netanyahu Marah

Senin, 19 Februari 2024 - 07:25 WIB
loading...
Genosida Gaza oleh Israel Disamakan dengan Aksi Hitler, Netanyahu Marah
Perdana Menteri Benjamin Netanyahu marah setelah tindakan genosida Israel terhadap warga Palestina di Gaza disamakan dengan Holocaust oleh rezim Adolf Hitler. Foto/REUTERS
A A A
TEL AVIV - Presiden Brasil Luiz Inacio Lula da Silva mengatakan Israel telah melakukan genosida terhadap warga sipil Palestina di Jalur Gaza. Dia menyamakan pembantaian itu dengan kampanye Adolf Hitler dalam memusnahkan orang-orang Yahudi.

Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu marah atas komentar presiden berusia 78 tahun itu. Menurutnya, komentar Lula memalukan dan mengatakan bahwa pemerintahnya telah memanggil duta besar Brasil sebagai bentuk protes.

Lula mengatakan kepada wartawan di Addis Ababa, tempat dia menghadiri pertemuan puncak Uni Afrika, bahwa apa yang terjadi di Jalur Gaza bukanlah perang, melainkan genosida.

“Ini bukan perang antara tentara melawan tentara. Ini adalah perang antara tentara yang sangat siap dengan perempuan dan anak-anak,” ujar veteran sayap kiri Brasil tersebut.



“Apa yang terjadi di Jalur Gaza terhadap rakyat Palestina belum pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah. Sebenarnya, hal ini telah terjadi: ketika Hitler memutuskan untuk membunuh orang-orang Yahudi," paparnya.

Lula, yang merupakan tokoh terkemuka di wilayah selatan yang negaranya saat ini memegang jabatan presiden bergilir G20, sebelumnya mengutuk serangan Hamas pada 7 Oktober terhadap Israel sebagai tindakan “teroris”.

Namun sejak itu, dia semakin kritis terhadap kampanye militer balasan Israel.

Netanyahu menyebut pernyataan Lula sebagai “pelecehan Holocaust". "Dan upaya untuk merugikan orang-orang Yahudi dan hak Israel untuk membela diri," ujarnya, seperti dikutip AFP, Senin (19/2/2024).

“Perbandingan antara Israel dengan Holocaust Nazi dan Hitler sudah melewati garis merah,” lanjut Netanyahu dalam sebuah pernyataan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0575 seconds (0.1#10.140)