Anjuran Berselawat di Bulan Syaban, Begini Penjelasannya

Sabtu, 17 Februari 2024 - 13:41 WIB
loading...
Anjuran Berselawat di Bulan Syaban, Begini Penjelasannya
Di antara keistimewaan bulan Syaban adalah: Yaitu ia adalah yang didalamnya turun ayat tentang selawat dan salam atas Nabi Muhammad SAW, maka di bulan tersebut dianjurkan banyak berselawat. Foto ilustrasi/ist
A A A
Bulan Syaban disebut sebagai bulan berselawat , mengapa demikian? Tentu ada sebab musababnya. Inilah alasan kenapa Syaban disebut sebagai bulan selawat kepada Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam.

Dijelaskan oleh Sayyid Muhammad bin Alawi al-Maliki dalam "Ma dza fi Sya'ban":

ومن مزايا شهر شعبان : أنه شهر الذي نزلت فيه اية الصلاة و السلام على النبي ﷺ، و هي قوله تعالى : (إن الله وملائكته يصلون على النبي يا أيها الذين آمنوا صلوا عليه وسلموا تسليما) الأحزاب : الآية ٥٦


Dan di antara keistimewaan bulan Syaban adalah: Yaitu ia adalah yang didalamnya turun ayat tentang selawat dan salam atas Nabi ﷺ, dan ayat itu adalah firman Allah Ta'ala:

(إن الله وملائكته يصلون على النبي يا أيها الذين آمنوا صلوا عليه وسلموا تسليما) الأحزاب: الآية ٥٦


Dan Ibnu Abish-Shoif menyebutkan, bahwasanya dikatakan: "Sesungguhnya bulan Sya'ban adalah bulannya berselawat atas Nabi ﷺ karena ayat:

اِنَّ اللّٰهَ وَمَلٰٓٮِٕكَتَهٗ يُصَلُّوۡنَ عَلَى النَّبِىِّ ؕ يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡا صَلُّوۡا عَلَيۡهِ وَسَلِّمُوۡا تَسۡلِيۡمًا‏


"Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bersalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Bersalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya." (QS Al-Ahzab: 56)

Diturunkan di bulan Syaban

Para ulama mengatakan, siapa yang banyak berselawat kepada Nabi maka ia akan mendapat syafa'at istimewa dari Rasulullah SAW. Ulama kharismatik asal Banjar, Abah Guru Sekumpul dalam satu pengajian beliau Tahun 2003 silam berpesan, apabila masuk bulan Syaban, perbanyaklah membaca selawat 2 kali lipat dari selawat yang diamalkan di bulan lain.

Terlebih Hari Jumat, umat muslim dianjurkan memperbanyak selawat kepada Rasulullah SAW. Beliau bersabda: "Selawat dan doa umatku sampai kepadaku pada setiap hari Jumat, orang yang paling banyak bershalawat kepadaku di antara mereka adalah orang yang paling terdekat denganku kedudukannya.” (HR Al-Baihaqi No 5995)

Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3145 seconds (0.1#10.140)