Uhuy! Ini 3 Faktor Komeng Bisa Raih Lebih dari 1 Juta Suara

Sabtu, 17 Februari 2024 - 10:44 WIB
loading...
Uhuy! Ini 3 Faktor Komeng Bisa Raih Lebih dari 1 Juta Suara
Komedian Alfiansyah Bustami alias Komeng memperoleh suara terbanyak sebagai calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) untuk Daerah Pemilihan (Dapil) Provinsi Jawa Barat. FOTO/REPRO SURAT SUARA DPD RI
A A A
JAKARTA - Komedian Alfiansyah Bustami alias Komeng memperoleh suara terbanyak sebagai calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) untuk Daerah Pemilihan (Dapil) Provinsi Jawa Barat. Hal tersebut berdasarkan data di laman Komisi Pemilihan Umum (KPU) hingga pukul 10.20 WIB, Sabtu (17/2/2024).

Komedian yang dikenal dengan celetukan uhuy tersebut sudah memperoleh 1.405.877 suara. Lalu, apa saja faktor yang membuat Komeng bisa meraih lebih dari 1 juta suara di Dapil Jawa Barat untuk sementara ini?

Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin membeberkan ada tiga faktor yang membuat perolehan suara Komeng terbanyak. “Pertama, Jawa Barat ini kan unik, Jabar antusias terhadap selebritis, antusias terhadap figur publik, antusias terhadap artis termasuk Komeng itu tinggi,” kata Ujang kepada SINDOnews, Sabtu (17/2/2024).





Maka itu, menurut Ujang, wajar Komeng meraih suara paling banyak di Dapil Jabar. Ujang pun mencontohkan, komedian Oni Suwarman atau akrab disapa Oni SOS pun bisa melenggang ke Senayan sebagai senator pada pemilu sebelumnya atau untuk periode 2014-2019.

“Artis itu layak jual kalau di Jawa Barat,” ujar Ujang yang juga sebagai Pengamat Politik dari Universitas Al Azhar Indonesia ini.

Kedua, kata Ujang, pose Komeng di surat suara caleg DPD pada Pemilu 2024 juga unik. “Fotonya memiliki keunikan, terjadi diferensiasi dengan foto-foto yang lain, sehingga mudah juga dilihat lalu dicoblos,” imbuhnya.



Ketiga, menurut dia, masyarakat Jawa Barat memberikan kesempatan kepada Komeng agar bisa melenggang ke Senayan. “Bisa mewakili masyarakat Jawa Barat. Jadi itu paling tidak yang secara sederhana membuat Komeng bisa banyak suaranya,” pungkasnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0844 seconds (0.1#10.140)