Daftar ke KPU, Bacaleg PDIP Solo Naik Onthel dan Berbaju Lurik

Selasa, 17 Juli 2018 - 20:00 WIB
Daftar ke KPU, Bacaleg PDIP Solo Naik Onthel dan Berbaju Lurik
Daftar ke KPU, Bacaleg PDIP Solo Naik Onthel dan Berbaju Lurik
A A A
SOLO - Cara unik dilakukan bakal calon legislatif (bacaleg) PDIP Kota Solo saat mendaftar ke KPU setempat, Selasa (17/7/2018) sore. Mereka ramai-ramai naik sepeda onthel dan memakai pakaian lurik.

Pendaftaran dipimpin langsung Ketua DPC PDIP Solo FX Hadi Rudyatmo (Rudy). Selain mengenakan lurik dan naik sepeda onthel, pria yang juga menjabat Wali Kota Solo ini nampak mengenakan blankon dan kacamata hitam. Para bacaleg yang mengikuti di belakang penampilannya tak jauh berbeda.

"Kami naik sepeda onthel dan memakai pakaian lurik sebagai implementasi dari Pancasila. Khusus lurik, memiliki nilai filosofis mendalam," kata Rudy saat ditemui di sela sela pendaftaran di Kantor KPU Solo, Jawa Tengah, Selasa (17/7) sore.

Lurik itu dimaknai lurus dalam pengabdian dan tulus ikhlas dalam pelayanan. Sementara, jumlah bacaleg yang didaftarkan 45 orang. Dari total bacaleg partai berlambang banteng moncong putih tersebut, 30% di antaranya perempuan. Sementara, bacaleg debutan baru jumlahnya 22 orang.

Komisioner Divisi Hukum KPU Solo Nurul Sutarti mengatakan, pihaknya mengerahkan seluruh tim untuk melayani pendaftaran hingga pukul 24.00 WIB. "Tapi kemungkinan prosesnya sampai pagi karena satu parpol bisa sampai 2-3 jam saat penerimaan berkas," kata Nurul. Setiap parpol yang mendaftarkan bacalegnya, dilayani 4 petugas KPU Solo, yang terdiri dari komisioner dan operator.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6736 seconds (0.1#10.140)