alexametrics

Ratusan Buaya Dibantai, BKSD Ingatkan Warga Jangan Dekati Penangkaran

loading...
Ratusan Buaya Dibantai, BKSD Ingatkan Warga Jangan Dekati Penangkaran
Ratusan buaya dipenangkaran milik CV Mitra Lestari Abadi mati dibantai warga Jalan Bandara dan Jalan SP 1, Sorong, Papua Barat. Foto/iNews/Chanry Andrew Suripatty
A+ A-
SORONG - Meski warga sudah membantai ratusan buaya dipenangkaran milik CV Mitra Lestari Abadi, namun BKSDA Sorong mengingatkan warga tidak mendekati penangkaran.

Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sorong, Papua Barat mengindikasikan masih banyak buaya jenis muara dan air tawar berukuran besar dan kecil yang terlepas keluar dari penangkaran pascapemusnahan oleh warga.

Kabid Teknis BKSDA Sorong Heri Tri Wibowo mengatakan, pihaknya memperkirakan masih ada bayi buaya atau buaya besar lainnya yang bersembunyi di sekitar di areal penangkaran. Sementara areal penangkaran masih diawasi ketat pihaknya.

“Kemungkinan kalau melihat data yang dilaporkan itu mungkin lebih dari 292 ekor buaya yang ditangkar CV Mitra. Kami minta masyarakat, jangan masuk dengan bebas karena kemungkinan disini masih ada buaya ukuran kecil masih ada,” ujar Heru Selasa (16/7/2018)

Sebelumnya BKSDA setelah melakukan koordinasi dengan pemilik penangkaran buaya, melakukan pemusnahan ratusan bangkai buaya. Sedikitnya ada 282 dari 292 bangkai buaya yang sudah mengeluarkan bau busuk menyengat. Bangkai buaya dibawa menggunakan gerobak oleh pegawai BKSDA dan dimasukan ke dalam lubang untuk dibakar.

Ratusan bangkai buaya ini mati setelah dibantai warga Distrik Aimas yang marah karena seorang warganya bernama Sugito dikabarkan meninggal setelah diserang buaya, pekan lalu. Sugito diterkam buaya saat mencari rumput di dalam areal penangkaran.

Heru menambahkan sebanyak 10 bangkai buaya tidak ikut dimusahkan karena akan digunakan sebagai sampel penyelidikan pihak kepolisian. Jenis buaya ini termasuk satwa yang dilindungi, namun khusus untuk wilayah Papua, hewan ini diizinkan untuk diburu atau diperdagangkan atas izin sejumlah pihak, termasuk BKSDA.

Sementara izin CV Mitra Lestari Abadi menangkar buaya sudah mengantongi izin BKSD Sorong pada 2018.
(vhs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak