AS Terbitkan Visa Imigran Khusus Terbanyak kepada Warga Afghanistan

Kamis, 15 Februari 2024 - 15:13 WIB
loading...
AS Terbitkan Visa Imigran Khusus Terbanyak kepada Warga Afghanistan
Anak-anak pengungsi Afghanistan. Foto/Ilustrasi: MEE
A A A
Amerika Serikat memberikan visa imigran khusus, atau SIV terbanyak kepada warga Afghanistan sepanjang tahun lalu. Hal ini dilakukan di tengah tindakan keras terhadap pengungsi Afghanistan di negara-negara regional seperti Pakistan dan UEA .

"Tahun lalu, 26.500 SIV diberikan kepada warga Afghanistan dibandingkan dengan 11.000 pada tahun 2022," lapor Middle East Eye atau MEE mengutip data pemerintah AS.

Lonjakan persetujuan ini terjadi setelah laporan Departemen Luar Negeri AS tahun lalu menunjukkan bahwa mereka tidak melakukan upaya yang cukup untuk memenuhi permintaan tersebut. Program SIV telah ada sejak tahun 2009 untuk memperlancar proses menjadi penduduk tetap AS bagi siapa saja yang telah bekerja dengan militer AS setidaknya selama dua tahun.



Taliban merebut kembali Afghanistan pada tahun 2021 setelah penarikan militer AS yang kacau balau. Meskipun AS mengevakuasi puluhan ribu warga Afghanistan, banyak dari mereka yang bekerja dengan pemerintah AS masih terdampar di Afghanistan yang dikuasai Taliban.

Di antara mereka yang dieksfiltrasi oleh AS, ribuan orang dikirim ke negara-negara Teluk termasuk Qatar, Bahrain, Kuwait, dan UEA sementara visa mereka untuk AS atau UE sedang diproses.

Sejak penarikan tersebut, AS telah memukimkan kembali sekitar 86.000 warga Afghanistan, menurut data dari Departemen Keamanan Dalam Negeri. Dari jumlah tersebut, AS mengeluarkan 34.000 SIV untuk warga Afghanistan yang memenuhi syarat dan anggota keluarga mereka, menurut Departemen Luar Negeri.

Departemen Luar Negeri meminta Kongres untuk menyetujui penambahan 20.000 SIV pada tahun lalu, namun permintaan tersebut masih tertunda. Sekalipun disetujui, hal ini akan berdampak kecil pada 100.000 lamaran yang diajukan.

Pada 9 Januari, hanya 9.000 SIV yang tersedia. Namun, ribuan warga Afghanistan masih mendekam di kamp-kamp yang kondisinya digambarkan “menyedihkan”. Tahun lalu, Human Rights Watch menetapkan bahwa warga Afghanistan di UEA ditahan secara sewenang-wenang di kamp-kamp tersebut.



Sementara itu, warga Afghanistan yang mengungsi ke negara tetangga menghadapi ancaman baru. Sentimen anti-imigran terhadap warga Afghanistan menyebar di Iran, sementara Pakistan telah mengusir paksa 300.000 migran Afghanistan yang tidak berdokumen kembali ke seberang perbatasan.

Afghanistan dilanda gempa bumi mematikan pada bulan Oktober, yang menambah apa yang disebut oleh Program Pangan Dunia PBB sebagai “gunung kesulitan” yang dihadapi warga Afghanistan dengan krisis ekonomi yang parah dan tindakan keras Taliban terhadap pendidikan perempuan.
(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2264 seconds (0.1#10.140)