10 Negara yang Memiliki Kapal Perang Terbaik

Kamis, 15 Februari 2024 - 17:17 WIB
loading...
10 Negara yang Memiliki Kapal Perang Terbaik
AS merupakan negara yang memiliki kapal perang terbaik. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Kekuatan angkatan laut telah lama menjadi faktor utama dalam memperkirakan kekuatan dan pengaruh militer suatu negara di seluruh dunia. Meskipun kekuatan udara dan darat sangat penting, angkatan laut yang kuat memungkinkan jangkauan dan kendali yang lebih luas atas jalur perairan strategis.

10 Negara yang Memiliki Kapal Perang Terbaik

1. Amerika Serikat

10 Negara yang Memiliki Kapal Perang Terbaik

Foto/Reuters

Melansir infoguidenigeria, Angkatan Laut Amerika Serikat tetap menjadi pemimpin yang tak terbantahkan dalam hal kekuatan angkatan laut secara keseluruhan.

Dengan armada lebih dari 490 kapal, termasuk 11 kapal induk super dan 72 kapal selam, kapal ini merupakan armada terbesar dan paling beragam di dunia. Kekuatan utamanya mencakup kelompok penyerang kapal induk Angkatan Laut yang kuat, kapal selam serang bertenaga nuklir, kapal perusak canggih seperti kelas Arleigh Burke, dan kemampuan peperangan yang berpusat pada jaringan yang canggih.

Anggaran pertahanan Amerika yang besar memungkinkan pengembangan berkelanjutan kapal, pesawat terbang, dan sistem persenjataan mutakhir.


2. China

10 Negara yang Memiliki Kapal Perang Terbaik

Foto/Reuters

China dengan cepat memodernisasi dan memperluas kekuatan angkatan lautnya, dengan 350 kapal dan kapal selam yang saat ini beroperasi. Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat kini memiliki dua kapal induk, lebih dari 30 kapal perusak, dan hampir 60 kapal selam – termasuk kapal diesel-listrik canggih kelas Yuan yang dipersenjatai dengan torpedo pelacak.

Melansir infoguidenigeria, fokus utamanya adalah mengembangkan armada “perairan biru” yang mampu memproyeksikan kekuatan jauh melampaui wilayah pesisir. Kemampuan angkatan laut Tiongkok masih tertinggal dibandingkan Amerika Serikat dalam beberapa bidang utama seperti kapal induk, namun Tiongkok dengan cepat menjadi kekuatan angkatan laut yang dominan di Asia.

3. Rusia

10 Negara yang Memiliki Kapal Perang Terbaik

Foto/Reuters

Meskipun terdapat tantangan ekonomi, Rusia tetap menjadi angkatan laut terkuat ketiga di dunia dengan sekitar 300 kapal. Angkatan Laut Rusia memiliki satu kapal induk, Laksamana Kuznetsov, yang digunakannya di Mediterania.

Melansir infoguidenigeria, armada permukaan Rusia mencakup kapal perusak dan fregat yang dipersenjatai dengan pertahanan udara canggih dan rudal anti-kapal. Yang paling menonjol dari Rusia adalah kekuatan kapal selamnya – mereka memiliki 60 kapal selam serang dan rudal jelajah bertenaga nuklir, yang lebih senyap dan sulit dideteksi dibandingkan desain lama Soviet. Rusia juga sedang menguji rudal anti-kapal hipersonik yang mampu menghindari pertahanan modern.

4. Jepang

Melansir infoguidenigeria, Pasukan Bela Diri Maritim Jepang telah berkembang menjadi angkatan laut terkuat ke-2 di Asia, dengan 145 kapal perang permukaan utama dan 24 kapal selam. Sebagai negara dengan doktrin militer defensif murni, Jepang memiliki kemampuan canggih seperti kapal perusak berpeluru kendali kelas Kongo, kapal selam diesel-listrik kelas Soryu, dan kapal induk helikopter kelas Izumo.

Jepang juga memiliki kekuatan kapal selam elit yang dikenal dengan kemampuan perang anti-kapal selam yang kuat. Dengan meningkatnya aktivitas angkatan laut Tiongkok di Laut Cina Timur dan Laut Jepang, Jepang diperkirakan akan terus memperluas kekuatan angkatan lautnya.

5. Inggris

Meskipun Inggris tidak lagi menguasai lautan secara militer, Angkatan Laut Kerajaan Inggris tetap menjadi kekuatan maritim yang berkemampuan tinggi dengan lebih dari 80 kapal. Maskapai ini mengoperasikan dua kapal induk kelas Queen Elizabeth, kapal perusak berpeluru kendali Tipe 45, kapal selam serang bertenaga nuklir kelas Astute, dan delapan kapal selam rudal balistik bertenaga nuklir (SSBN) – yang mempertahankan penangkal nuklir berbasis laut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1592 seconds (0.1#10.140)