Hari Pertama Masuk Sekolah, Disdik Kobar Beri Pengarahan ke TK Mujahiddin

Senin, 16 Juli 2018 - 12:25 WIB
Hari Pertama Masuk Sekolah, Disdik Kobar Beri Pengarahan ke TK Mujahiddin
Hari Pertama Masuk Sekolah, Disdik Kobar Beri Pengarahan ke TK Mujahiddin
A A A
KOTAWARINGIN BARAT - Pada hari pertama masuk sekolah setelah libur panjang Hari Raya Idul Fitri, Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah (Kalteng) memberikan pengarahan ke sejumlah sekolah, baik tingkat PAUD, TK, SMP hingga SMA, Senin (16/7/2018) pagi. Seperti yang terpantau di Taman Kanak-kanak (TK) Islam Mujahidin di Jalan Daz Hamzah, Pangkalan Bun. Perwakilan dari Dinas Pendidikan berkunjung ke TK Mujahidin.

Kepala Bidang Pembinaan PAUD, Dinas Pendidikan Kabupaten Kotawaringin Barat Salundik mengatakan, pada hari pertama masuk sekolah, orang tua murid diminta mempersiapkan peralatan sekolah bagi putra-putrinya. "Kemudian membiasakan sarapan pagi, mengantarkan sekolah jika bisa ayah. Kemudian berinteraksi pertama kali dengan para guru," kata Salundik dalam arahannya.

Menurut Salundik, cara mendidik anak usia dini harus dengan kesabaran. Tidak boleh mendidik dan menasehati dengan kasar. Harus dengan kelembutan. "Tegas boleh tapi jangan kasar sama anak, karena jika kira sering membentak, maka akan terekam di otak mereka. Jadi memang harus dengan kesabaran," katanya.

Sementara itu, Kepala TK Islam Mujahidin Auliyanti mengatakan, kegiatan belajar-mengajar di hari pertama belum dilakukan. Sebab murid TK A yang baru masuk masih butuh pengenalan lingkungan dan dengan para guru. "Yang kelas TK B juga belum ada kegiatan belajar mengajar. Masih menentukan ruang kelas. TK A karena baru butuh proses adaptasi. Tapi di hari pertama akan digelar salat duha berjamaah di masjid sekolah," kata perempuan yang akrab disapa Lia ini.

Auliyanti menyampaikan rasa terima kasih kepada perwakilan Dinas Pendidikan yang telah meluangkan waktunya memberikan pengarahan kepada murid baru TK Mujahiddin Pangkalan Bun. "Terima ksih telah memberikan arahan kepada murid baru dan para wali murid," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3798 seconds (0.1#10.140)