alexametrics

Hari Pertama Sekolah, Siswa Kelas 6 Jemput Kelas 1 untuk Ikut Upacara

loading...
Hari Pertama Sekolah, Siswa Kelas 6 Jemput Kelas 1 untuk Ikut Upacara
Para siswa kelas 6 SDN Sokanegara Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah menjemput adik kelas 1 dari ruang kelas mereka untuk mengikutu upacara pada hari pertama bersekolah, Senin (16/7/2018). Foto/SINDOnews/Saladin Ayyubi.
A+ A-
PURWOKERTO - Ada tradisi unik saat hari pertama masuk sekolah, Senin (16/7/2019) di Sekolah Dasar Negeri (SDN)  1 Sokanegara Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jateng. Semua siswa kelas 6 diwajibkan menjemput seluruh siswa kelas satu di ruang kelas mereka untuk mengikuti upacara.

Meski terkesan canggung, namun hal ini justru bisa menambah akrab antara siswa lama dengan siswa baru.Dengan  beramai-ramai, para siswa kelas 6  menjemput adik-adik kelas 1 mereka di ruang kelasnya.

Para siswa kelas 6 saat hari pertama masuk sekolah memang diwajibkan oleh guru mereka untuk menjemput siswa baru.

Meski terlihat bingung dan terkesan canggung, namun akhirnya para kakak kelas ini berhasil membujuk agar adik- adik kelas mereka tidak malu dan takut untuk mengikuti upacara pertamanya.



Namun beberapa siswa baru kelas satu yang masih malu-malu ini, masih enggan dijemput kakak kelas mereka dan minta diantar orang tua mereka ke lokasi upacara.

Anugerah (12) siswa kelas 6 mengatakan dirinya senang dengan kegiatan ini dan baru menjemput adik kelas yang pertama kali.“Saya sangat senang disuruh guru untuk menjemput adik kelas. Ini baru pertama kali saya lakukan,” ujar Anugerah.

Sementara Tri Rudiyati, Kepala SDN 1 Sokanegara mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan khusus bagi sekolah berkarakter dan untuk menambah keakraban seluruh siswanya, terutama kepada siswa baru.

“Ini adalah tradisi pertama sekolah kami dan untuk menambah keakraban seluruh siswa terutama siswa baru yang bersekolah di sekolah kami yang mengedepankan pendidikan karakter,” ujar Tri Rudiyati.

 Program ini memang baru dijalankan pertama kali oleh pihak sekolah. Hal ini selain untuk mendidik karakter siswa agar mengerti keakraban dan kebersamaan, juga sebagai pendidikan dasar kepada siswa baru.
(vhs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak