Bali dan NTB Diguncang Gempa Tektonik

Senin, 16 Juli 2018 - 09:11 WIB
Bali dan NTB Diguncang Gempa Tektonik
Bali dan NTB Diguncang Gempa Tektonik
A A A
DENPASAR - Bali tepatnya di Klungkung pagi ini diguncang gempa tektonik dengan kekuatan 4.8 SR sekira pukul 07.48 Wita, Senin (16/7/2018).

Kepala Balai Besar MKG Wilayah III Denpasar, M. Taufik Gunawan mengatakan, gempa tektonik itu tidak hanya terjadi di Bali namun juga di Nusa Tenggara Barat (NTB).

Dia menjelaskan, hasil analisa BMKG menujukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M=4,8. Episenter terletak pada kordinat 8,89 LS dan 115,38 BT atau tepatnya pada jarak 25 km arah Barat Daya Klungkung - Bali pada kedalaman 111 km .

"Dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat menunjukkan bahwa wilayah Denpasar, Nusa Dua, Kuta, Mataram, Lombok Tengah mengalami guncangan dalam skala intensitas II SIG (III – IV MMI). Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami,"ujarnya.

Dia menjelaskan, jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat aktivitas Subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia.

Hingga pukul 08.11 Wita hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat di wilayah Bali dan NTB agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6036 seconds (0.1#10.140)