5 Penyakit akibat Stres, Waspadai Efek Quick Count Pemilu 2024

Kamis, 15 Februari 2024 - 11:31 WIB
loading...
5 Penyakit akibat Stres, Waspadai Efek Quick Count Pemilu 2024
Banyak yang tidak puas quick count hasil pemilu. Namun, harus hati-hati karena efeknya bisa stres. Foto/ unair.ac
A A A
JAKARTA — Perhitungan cepat atau quick count hasil pemilu masih terus berlangsung. Melalui sosial media X, banyak yang tidak puas dengan hasil perhitungan suara saat ini. Efeknya bisa mengalami stres .

“Stress gue liat quick count,” tulis @juh***.

“Saya STRESS melihat quick count,” tulis @fall***.



Namun, stres tidak boleh didiamkan begitu saja. Jika tidak diatasi, stres akan menjadi masalah penyakit kronis pada tubuh.

“Stres yang berlangsung bertahun-tahun atau waktu yang lama biasanya merupakan jenis stres terburuk," kata Bert Uchino, PhD dari Universitas Utah di Salt Lake City, dikutip dari Everyday Health, Kamis (15/2/2024).

Lebih lanjut Unicho mengatakan, stres kronis ini menyebabkan perubahan dalam tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan dan berkontribusi terhadap penyakit dalam beberapa kasus.

Penyakit yang bisa dialami akibat stres

1 Depresi atau kondisi kesehatan mental lainnya

Banyak faktor yang berpotensi berperan, termasuk kondisi genetik, lingkungan, dan psikologis, serta pengalaman stres atau traumatis yang besar.

Penelitian menunjukkan, bagaimanapun, bahwa stres kronis yang tidak dikelola terkait dengan gangguan mental serius seperti kecemasan dan depresi. Stres yang terus-menerus atau berkepanjangan menyebabkan tubuh memproduksi hormon dan bahan kimia tertentu yang mengabadikan keadaan stres yang sedang berlangsung yang dapat memiliki efek buruk pada organ-organ utama.

Menurut komentar dan tinjauan penelitian yang diterbitkan di JAMA, sekitar 20 hingga 25 persen orang yang mengalami peristiwa stres besar akan terus mengalami depresi.

2. Insomnia

Survei APA informal pada 2013 tentang stres dan tidur menemukan hubungan di kedua arah. Empat puluh tiga persen dari hampir 2.000 orang dewasa yang disurvei melaporkan, stres telah menyebabkan mereka berbaring terjaga di malam hari setidaknya satu kali dalam sebulan terakhir.

3. Pilek

Stres juga dapat melemahkan fungsi kekebalan tubuh Anda yang dapat membuat lebih rentan terhadap penyakit menular seperti pilek. Para peneliti melakukan percobaan di mana mereka mengekspos sekelompok 420 sukarelawan ke virus flu biasa dan kemudian mengkarantina mereka untuk melihat apakah mereka sakit.

Data mengungkapkan bahwa peserta yang menderita stres keseluruhan yang lebih besar pada awal penelitian (diukur melalui survei tentang peristiwa kehidupan yang penuh tekanan, stres yang dirasakan, dan suasana hati) lebih mungkin terinfeksi virus setelah terpapar.

4. Kardiovaskular

Stres kronis telah lama dikaitkan dengan hasil kesehatan jantung yang memburuk. Meskipun ada bukti konklusif terbatas untuk mengatakan bahwa stres saja dapat memicu penyakit jantung, ada beberapa cara stres berkontribusi terhadapnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1561 seconds (0.1#10.140)