alexametrics

Kerugian Kebakaran Ratusan Rumah di Batam Sekitar Rp4 Miliar

loading...
Kerugian Kebakaran Ratusan Rumah di Batam Sekitar Rp4 Miliar
Kerugian akibat kebakaran yang terjadi di Ruli Baverly RT03/RW28, Kelurahan Belian, Kecamatan Batam Kota diperkirakan mencapai Rp4 miliar. Foto lokasi kebakaran/Koran SINDO/A Romadi
A+ A-
BATAM - Kerugian akibat kebakaran yang terjadi di Ruli Baverly RT03/RW28, Kelurahan Belian, Kecamatan Batam Kota, Sabtu (14/7/2018) diperkirakan mencapai Rp4 miliar. Sebanyak 592 korban kebakaran sementara saat ini ditampung di Gedung Bersama milik Pemerintah Kota Batam.

Wali Kota Batam Muhammad Rudi mengatakan, pihaknya saat masih belum bisa memastikan penyebab utama kebakaran. Pemkot Batam tengah berkoordinasi dengan pihak Kepolisian. Kejadian sendiri diperkirakan terjadi sekitar pukul 03.00 WIB.

"Untuk penyebab kejadiannya, biar Polisi yang menangani.  Kita sekarang fokus membantu korban dulu," kata Rudi di lokasi, Sabtu (14/7/2018).

Warga Ruli Baverly RT03/RW28 yang rumahnya terbakar saat ini sebanyak 592 jiwa dengan 192 kepala keluarga. Pemkot Batam berjanji akan memberikan bantuan kepada para korban yang sebagian besar harta bendanya dilalap sijago merah tersebut.



"Kita sudah mendirikan posko di Gedung Bersama ini.  Saya juga sudah memerintahkan Kepala Dinas Sosial untuk mendata para korban. Tidak Ada korban jiwa, hanya satu orang yang luka-luka," jelasnya.

Sementara,  pengakuan salah satu korban,  Muhammad Solihin kebakaran terjadi sekitar pukul 03.00 pagi. Dia mengaku api berasal dari rumahnya dilantai bawah saat dirinya masih terlelap tidur di lantai dua. Begitu mengetahui ada api, dirinya mencari air untuk memadamkannya. "Tapi api langsung besar,  jadi sudah tidak bisa lagi saya padamkan," kata Solihin.

Dia pun langsung menyelamatkan anak dan istrinya untuk keluar rumah dan membangunkan para warga. Banyaknya rumah yang masih semi permanent membuat api dengan cepat menjalar dan menghabiskan rumah warga.

"Saya juga tidak tahu penyebabnya apa, karena begitu bangun sudah besar. Pemadam kebakaran datang sekitar setengah jam," ujarnya.
 
(sms)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak