alexametrics

Selamatkan Citarum Lewat Agenda Nusa Bersama

loading...
Selamatkan Citarum Lewat Agenda Nusa Bersama
Upaya untuk mengembalikan Sungai Citarum sesuai fungsi aslinya memang harus terus dilakukan. Sikap tidak peduli serta ketidaktegasan aparat. Foto/Ilustrasi/Ist
A+ A-
BANDUNG - Upaya untuk mengembalikan Sungai Citarum sesuai fungsi aslinya memang harus terus dilakukan. Sikap tidak peduli serta ketidaktegasan aparat.

Pemerintah selama bertahun-tahun membuat kondisi Sungai Citarum semakin memprihatinkan. Padahal, di balik pencemaran yang terjadi pada Sungai Citarum, terdapat sejumlah ancaman yang menyangkut kesehatan manusia, baik generasi sekarang maupun masa depan.

Keseriusan aparat pemerintah untuk melakukan tindakan tegas, terutama kepada pabrik-pabrik yang membuang langsung limbah industrinya ke Sungai Citarum, memang sudah mulai terlihat sejak awal 2017 lalu. Terbuktinya dengan dicabutnya izin operasional serta penutupan saluran pembuangan pabrik-pabrik nakal yang berada di daerah aliran Sungai Citarum.

Gerakan itu saja tentu tidak cukup. Kampanye untuk menyelamatkan Sungai Citarum harus terus disiarkan ke seluruh lapisan masyarakat. Diperlukan upaya yang efektif dan efisien, baik dari pemerintah maupun masyarakat sebagai tokoh utama dalam memperbaiki kualitas air Sungai Citarum untuk kehidupan.



Adanya kolaborasi antara TNI, bidang pendidikan, masyarakat, dan seniman juga turut mulai mengharumkan Citarum kembali. Universitas di Bandung melaksanakan program PKL untuk mahasiswa yang mulai digerakkan di desa-desa sekitar Citarum. Masyarakat bahu membahu dengan TNI dan mahasiswa untuk Citarum, dan banyak seniman yang mulai berkarya untuk menyuarakan kondisi Citarum.

Indonesia One Health University Network (INDOHUN) yakin bahwa masalah kompleks seperti pencemaran Sungai Citarum tidak dapat diselesaikan oleh satu pihak saja. Sebagai inisiatif pada bulan Juli hingga puncaknya di pada 8-9 September 2018, INDOHUN akan melaksanakan rangkaian acara Nusa Bersama Citarum.

Acara Nusa Bersama akan dibuka dengan kompetisi ide untuk mahasiswa, kompetisi fotografi untuk umum, Summit Sustainibility, dan akan ditutup dengan Fun Run di Bandung. Acara ini diharapkan dapat merangkul seluruh lapisan masyarakat, untuk lebih tahu dan peduli tentang permasalahan Citarum, serta dampak pencemarannya terhadap kesehatan. Informasi lebih lanjut terkait acara ini dapat dilihat di instagram @nusabersama dan website www.indohun.org/nusabersama.

Di negara maju seperti Amerika Serikat, Bill Gates melalui Bill & Melinda Gates Foundation bersedia mendanai inovator dari seluruh dunia untuk mencari inovasi toilet untuk konservasi air. Program ini dipicu oleh fakta mengejutkan bahwa penggunaan terbanyak air di masyarakat modern adalah untuk penyiraman toilet.

"Mungkin perlu ada aksi seperti yang dilakukan Bill Gates untuk menyelamatkan Sungai Citarum," ujar Koordinator INDOHUN, Prof Drh Wiku Adisasmito MSc PhD yang juga Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia melalui rillis yang diterima SINDOnews, Jumat (13/7/2018).

Sungai Citarum yang mengalir dari hulu Cisanti hingga Karawang. Sungai Citarum merupakan sungai terbesar dan terpanjang di Provinsi Jawa Barat yang berperan sebagai sumber air dan sumber energi bagi masyarakat yang hidup di sekitarnya.

Tiga waduk kaskade raksasa Sungai Citarum (Saguling-Cirata-Jatiluhur) menghasilkan sekitar 1.900 MW listrik sebagai sumber daya listrik nasional dan mengairi lebih dari 240.000 hektar sawah melalui Saluran Tarum Barat, Tarum Timur dan Tarum Utara (Pusat Litbang Sumber Daya Air, 2012).

Upaya pengendalian pencemaran air telah diatur melalui undang-undang sejak tahun 1980-an oleh pemerintah Indonesia, namun upaya ini kurang tegas dalam mengatasi faktor–faktor sosial-budaya pemicunya, termasuk tren kependudukan dan kebiasaan penduduk yang tinggal di Daerah Aliran Sungai (DAS).
halaman ke-1 dari 2
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak