Sleman Luncurkan Aplikasi Geoportal, Ini Manfaatnya

Jum'at, 13 Juli 2018 - 18:05 WIB
Sleman Luncurkan Aplikasi Geoportal, Ini Manfaatnya
Sleman Luncurkan Aplikasi Geoportal, Ini Manfaatnya
A A A
SLEMAN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman meluncurkan aplikasi Geoportal yang berguna untuk menemukan dan mengakses data/informasi dan layanan geospasial. Dengan adanya portal web tersebut penggunaan Sistem Informasi Geografis (SIG) dan elemen kunci dari Spatial Data Infrastructure (SDI) akan lebih efektif.

"Saya berharap aplikasi ini dapat semakin memudahkan dan mendekatkan masyarakat dalam mengakses pelayanan publik," kata bupati Sleman Sri Purnomo saat launching aplikasi Geoportal di aula lantai III Pemkab setempat, Jumat (13/7/2018).

Aplikasi Geoportal akan memudahkan masyarakat dalam memperoleh data dan informasi tentang aspek keruangan yang menunjukkan lokasi dan letak dan posisi suatu objek yang dinyatakan dalam koordinat tertentu. Selain itu juga akan memberikan kontribusi dalam dunia pendidikan, khususnya di bidang penelitian dan pengembangan wilayah. Kemudahan akses data dan informasi geospasial akan menciptakan efisiensi serta efektifitas baik waktu ataupun finansial pada proses penelitian. Termasuk dapat mendorong akselerasi pembangunan wilayah secara berkelanjutan.

"Untuk itu saya berpesan kepada pengelola agar selalu cermat dan profesional dalam mengelola data spasial," katanya.

Kabag Humas dan Protokol Pemkab Sleman Sri Winarti menambahkan pengelolaan aplikasi Geoportal di bawah kendali Dinas Tata Ruang dan Pertahanan. Terutama dalam pengumpulan, pemeliharaan, pemutakhiran, pertukaran dan penyebarluasan Data Geospasial dan Informasi Geospasial tertentu.

"Untuk penyelenggaraannya mengandeng pihak ketiga, yaitu Simpul Jaringan. Sehingga tanggung jawab terhadap data/informasi geospasial tertentu menjadi jelas," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5968 seconds (0.1#10.140)