alexametrics

Belum Terima Surat MK, Penetapan Pemenang Pilgub Jateng Molor

loading...
Belum Terima Surat MK, Penetapan Pemenang Pilgub Jateng Molor
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A+ A-
SEMARANG - Penetapan pemenang Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah (Jateng) 2018 yang sedianya dijadwalkan hari ini mengalami penundaan. Pasalnya, komisi pemilihan umum (KPU) Jateng masih menunggu surat bukti tidak ada pengajuan gugatan dari Mahkamah Konstitusi (MK).

Sebelumnya, Ketua KPU Jateng Joko Purnomo menyatakan bahwa jadwal pengumuman pemenang Pilkada, termasuk Pilgub Jateng akan dilakukan pada hari ini, Kamis (12/7/2018) atau selambat-lambatnya besok Jumat (13/7/2018).

"Sejak dilakukan pleno rekapitulasi penghitungan suara pada Minggu (8/7/2018), ada waktu tiga hari untuk pengajuan gugatan ke MK. Namun, gugatan itu harus ada surat bukti dari mereka juga, misal tidak ada gugatan," kata Joko di Semarang, Kamis (12/7/2018).

Seperti diketahui, berdasar hasil rekapitulasi menunjukkan pasangan calon (paslon) nomor 1 Ganjar Pranowo-Taj Yasin yang diusung PDIP, PPP, Nasdem, dan Demokrat meraih 10.362.694 suara atau 58,78 persen. Sedangkan paslon nomor 2 Sudirman Said-Ida Fauziyah dari koalisi Gerindra, PKB, PKS, PAN, memperoleh 7.267.993 suara atau 41,22 persen.

Dia menjelaskan, kemungkinan belum menerima surat tersebut karena MK masih memeriksa pengaduan maupun laporan yang masuk dari per daerah. Mengingat pada pilkada serentak tahun ini melibatkan sebanyak 171 kabupaten/kota se-Indonesia."Karena cukup banyak, mekanisme dari MK itu nantinya akan kita floor-kan juga ke tiap-tiap kabupaten dan kota yang ada aduan," jelasnya.

Sehingga pihaknya belum bisa memastikan terkait waktu kapan KPU menerima surat dari MK."Pengumumannya (pemenang Pilgub Jateng) bisa molor. Bisa saja besok, bisa lusa, atau bahkan bisa akhir bulan nanti," pungkas Joko.
(rhs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak