Pesta Demokrasi Hari Ini Jadi Sentimen Positif bagi Ekonomi

Rabu, 14 Februari 2024 - 07:47 WIB
loading...
Pesta Demokrasi Hari Ini Jadi Sentimen Positif bagi Ekonomi
Pelaksanaan Pesta Demokrasi tahun dipastikan berdampak positif bagi ekonomi nasional. FOTO/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Pencoblosan atau pemberian suara dalam Pemilu 2024 mulai dilaksanakan hari ini, Rabu (14/2/2024). Pesta demokrasi ini dipastikan bakal menjadi sentimen positif terhadap makro ekonomi Indonesia.

Direktur Eksekutif Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Tauhid Ahmad mengatakan, adanya perputaran uang dalam jumlah tertentu ketika proses pemilihan umum 2024 berlangsung. Bahkan, dampak keekonomian sudah terjadi pada masa kampanye Capres-Cawapres hingga Calon Legislatif (Caleg).



Menurut Tauhid, selama gelaran pesta demokrasi angka pengeluaran atau spending keuangan jauh lebih besar, terutama dilakukan oleh partai politik (parpol), Capres-Cawapres, dan Caleg. Hal serupa juga berlaku bagi Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) sebagai lembaga penyelenggara dan pengawasan pemilu.

“Intinya begini, kan tentu saja pesta demokrasi ya berdampak ekonomi langsung ya, sebenarnya dikaitkan dengan belanja Pemilu gitu ya, belanja yang dilakukan para masing-masing tim sukses baik untuk pilpres maupun legislatif sampai DPD dan sebagainya,” ujar Tauhid saat dihubungi, Rabu (14/2/2024).



Tauhid mengatakan, belanja pemilu tahun ini memberikan sentimen positif bagi ekonomi nasional, kendati hanya di level 0,0 sekian persen saja. "Pasti dampaknya kalau Pemilu positif, karena ada spending uang untuk, misalnya Bawaslu mengeluarkan uang untuk pengawasan dan sebagainya. KPU juga untuk penyelenggara dan sebagainya,” paparnya.

Menurutnya, pada momentum ini perputaran uang yang terjadi bisa menyentuh Rp100 triliun hingga Rp180 triliun, maka ada kemungkinan memberi pengaruh bagi pertumbuhan ekonomi di kuartal I/2024.

Dalam Jangka panjang, lanjut dia, tergantung pada respons investor. "Mungkin dia bawah investor dalam melihat situasi yang aman dan baik dan sebagainya itu respon terhadap market juga positif," tandasnya.
(fjo)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1077 seconds (0.1#10.140)