Petugas KPPS Waspada, Ini Ciri-ciri Kelelahan Agar Tidak Tumbang saat Pemilu

Selasa, 13 Februari 2024 - 13:15 WIB
loading...
Petugas KPPS Waspada, Ini Ciri-ciri Kelelahan Agar Tidak Tumbang saat Pemilu
Ada beberapa ciri-ciri kelelahan saat bekerja yang wajib diwaspadai petugas KPPS selama pemilu 2024. Petugas KPPS sendiri memainkan peran penting dalam pemilu. Foto/Antara
A A A
JAKARTA - Ada beberapa ciri-ciri kelelahan saat bekerja yang wajib diwaspadai petugas KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) selama pemilu 2024 . Petugas KPPS sendiri memainkan peran penting dalam penyelenggaraan pemilu.

Selama pemilu , petugas KPPS harus waspada terhadap ciri-ciri kelelahan yang dapat memengaruhi kinerja dan keputusan mereka. Mengenali tanda-tanda ini penting agar dapat mengambil langkah-langkah untuk merawat diri mereka sendiri.

Seperti istirahat yang cukup, mengonsumsi makanan bergizi, dan menjaga hidrasi selama pemungutan suara. Selain itu, penting juga untuk memiliki rencana darurat atau cadangan untuk mengatasi kelelahan jika memungkinkan, seperti mengatur jadwal istirahat secara bergantian dengan rekan-rekan tim.

Ciri-ciri Kelelahan Agar Tidak Tumbang saat Pemilu



Berikut ciri-ciri kelelahan yang harus diwaspadai petugas KPPS agar tidak tumbang saat pemilu 2024 dirangkum dari situs resmi Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Selasa (13/2/2024).



1. Penurunan Kewaspadaan


Kelelahan dapat menyebabkan penurunan kewaspadaan. Sehingga membuat petugas KPPS lebih rentan terhadap kesalahan dan pengabaian terhadap prosedur penting.

2. Penurunan Konsentrasi


Konsentrasi yang berkurang dapat mengakibatkan kesalahan dalam menghitung suara atau mengelola proses pemungutan suara secara keseluruhan.

3. Peningkatan Risiko Kesalahan


Kelelahan dapat meningkatkan risiko kesalahan administratif. Seperti kesalahan mencatat data atau mencetak formulir pemungutan suara.

4. Penurunan Ketepatan


Ketepatan dalam menjalankan prosedur dan protokol pemungutan suara menjadi krusial. Kelelahan dapat mengurangi ketepatan anggota KPPS dalam memastikan bahwa setiap langkah diikuti dengan benar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1585 seconds (0.1#10.140)