alexametrics

Menang di Jabar, Ini Catatan Janji Kampanye Ridwan Kamil

loading...
Menang di Jabar, Ini Catatan Janji Kampanye Ridwan Kamil
Dengan Visi Jabar Juara, Lahir dan Batin, Ridwan Kamil berkomitmen akan menjadi masyarakat Jabar yang terbaik di Indonesia. Foto/iNews.id/Yogi Pasha
A+ A-
BANDUNG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengesahkan hasil rekapitulasi penghitungan suara pelaksanaan pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jabar pada Minggu (8/7/2018). Hasilnya, Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum unggul dibandingkan tiga pasangan calon lainnya.

Apa saja janji kampanye Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum yang bakal dilakukan ketika memimpin Jabar lima tahun ke depan. Berikut catatan janji kampanye pasangan cagub nomor urut 1 kepada masyarakat Jabar:



1. Satu Desa, Satu Perusahaan
Calon Gubernur Jabar Ridwan Kamil semakin optimistis bisa menerapkan salah satu program pembangunan daerah dengan konsep Satu Desa, Satu Perusahaan saat dilantik menjadi gubernur terpilih nanti. Menurutnya, konsep Satu Desa, Satu Perusahaan sangat rasional, urgent, dan efektif dalam mengatasi persoalan kemiskinan di Jabar.

Salah satu contoh daerah berhasil mengembangkan konsep tersebut adalah Desa Sukawera,  Kecamatan Kertasemaya,  Kabupaten Indramayu. Dimana di desa ini warganya berhasil mengembangkan budidaya lele dan jamur merang dengan pendapatan diatas UMR Jabar.

Jika langkah tersebut berhasil dilakukan dalam lima tahun ke depan diyakini persoalan kemiskinan di Jabar dapat diatasi dan mengalami peningkatan yang pesat dan merata di sejumlah daerah.

2. Ciptakan Satu Destinasi Wisata Baru di Daerah
Setiap kali berkampanye ke berbagai daerah di Jabar, Ridwan Kamil selalu melirik potensi wisata yang ada di kabupaten/kota tersebut. Alasannya, potensi pariwisata akan memberikan dampak perekonomian bagi masyarakat sekitar dengan meningkatnya kunjungan wisatawan ke daerah.

Bahkan, setiap berkunjung ke daerah beberapa kali Emil selalu membuat sketsa revitalisasi kawasan agar terlihat menjadi lebih menarik. Seperti yang dilakukan di kawasan Waduk Darma, Kabupaten Kuningan, Situ Wangi di Kabupaten Ciamis, Revitalisasi Alun-alun Kabupaten Sumedang, dan masih banyak potensi pariwisata lainnya.

3. Pemekaran Daerah

Kandidat Gubernur Jabar Terpilih Ridwan Kamil bakal melakukan langkah politik untuk mewujudkan pemekaran sejumlah daerah baru di Jabar ketika dirinya memimpin nanti. Pemekaran daerah dinilai sebagai salah satu program prioritas saat menjadi gubernur terpilih untuk mengatasi persoalan ketimpangan sosial yang terjadi di masyarakat.

Emil menyebutkan, Jabar dengan jumlah penduduk terbesar di Indonesia memiliki persoalan ketimpangan sosial di daerah. Saat ini Jabar baru memiliki 27 kabupaten/kota dengan jumlah penduduk mencapai 42 juta jiwa.

Menurut dia, dengan kondisi luas wilayah dan jumlah penduduk, Jabar minimal sudah memiliki 40 kabupaten/kota. Salah satu wilayah yang perlu dimekarkan ada di Kabupaten Bogor dengan tiga daerah baru yakni Kabupaten Bogor Timur, Bogor Barat dan Bogor Selatan.

Tidak hanya Bogor, sejumlah tokoh masyarakat yang berada di Cianjur selatan, Sukabumi, dan Bandung Timur pun meminta Emil melakukan hal yang sama jika terpilih menjadi gubernur Jabar 2018-2023.

4. Apartemen Buruh di Kawasan Industri
Selama berkampanye, Kandidat Gubernur Jabar Terpilih Ridwan Kamil juga menjanjikan akan memperjuangkan apartemen untuk buruh di Jawa Barat. Kebutuhan rumah layak bagi buruh itu untuk memangkas beban biaya transportasi yang selama ini masih cukup besar dihabiskan para pekerja.

Menurut dia, dengan adanya apartemen yang dekat lokasi kerja bisa memangkas biaya transportasi. Buruh pun bisa dimudahkan dengan dekatnya jarak antara rumah dengan lokasi bekerja.

5. Bantuan Kredit Mesra Bagi Warga
Persoalan rentenir masih menjadi masalah bagi sebagian masyarakat di wilayah pedesaan. Kandidat Gubernur Jabar Terpilih Ridwan Kamil pernah menjanjikan kepada sejumlah warga agar terhindar dari jerat rentenir saat melakukan kampanye pada Pilgub Jabar lalu.

Salah satu janjinya adalah menyediakan fasilitas jaminan Kredit Mesra atau Masjid Sejahtera dengan pinjaman modal usaha yang cukup mudah didapatkan. Menurut dia, masyarakat bisa meminjam modal hingga Rp30 juta untuk usaha cukup dengan mendatangi masjid dan meminta surat rekomendasi dari pengurus DKM setempat.
halaman ke-1 dari 2
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak