alexametrics

Genting Cruise Lines, Kapal Pesiar Perdana yang Bersandar di Pulau Bintan

loading...
Genting Cruise Lines, Kapal Pesiar Perdana yang Bersandar di Pulau Bintan
Sejumlah penumpang Kapal Pesiar Genting Dream Cruise saat bersandar di Perairan Bintan. Foto Koran SINDO/Novel S
A+ A-
BINTAN - Kapal Pesiar Genting Dream Cruise sempat bersandar di Perairan Bintan, Sabtu hingga Minggu 7-8 Juli 2018. Kedatangan kapal pesiar terbesar se Asia Afrika ini ke Pulau Bintan memberikan pilihan baru kepada para wisatawan untuk menjelajahi pulau tropis yakni Pulau Bintan.

Dengan kedatangan perdana kapal ini, menjadikan kapal Genting Dream Cruise kapal pesiar internasional pertama dari kapal-kapal sejenis lainnya yang bersandar di Pulau Bintan. Hal ini tentu membuka peluang baru untuk pengembangan berbagai industri pariwisata lokal khususnya di Pulau Bintan sembari mendorong pertumbuhan industri pariwisata pelayaran regional dengan penawaran-penawaran baru dan inovatif untuk wisatawan yang lebih lengkap dan nyaman.

Dalam kedatangan perdana ini pula, Genting Cruise Lines menandatangani Nota Kesepahaman (MOU) dengan PT Bintan Resort Cakrawala sebagai tanda komitmen agar kerjasama ini berkelanjutan dalam jangka panjang.

Thatcher Brown, Presiden Dream Cruises dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa negara Indonesia terus menjadi tujuan favorit dan sumber utama pasar untuk merek-merek Genting Cruise Lines.“Pelayaran akhir pekan kami ke Pulau Bintan hanyalah satu contoh lainnya yang menunjukkan bahwa kami melakukan inovasi untuk rute perjalanan baru - dalam hal ini pelayaran liburan akhir pekan kami sekarang menggabungkan pengalaman resor kelas dunia yang melayani berbagai keinginan berlibur para tamu kami,” ujar Brown.

Dengan berlayarnya Genting Dream ke berbagai tujuan di Indonesia, termasuk Jakarta, Surabaya, Bali Utara dan Pulau Bintan, Brown tetap berkomitmen tinggi dalam mengembangkan industri pariwisata Indonesia, bersama dengan industri pelayaran regional secara bersamaan."Dengan kapasitas lebih dari 3.000 penumpang, Genting Dream siap untuk memperkenalkan lebih banyak wisatawan di setiap pelayaran ke masing-masing destinasi di Indonesia. Selain itu, bersama dengan dukungan yang berkelanjutan dari pemerintah lokal dan berbagai mitra, kami akan terus bekerjasama untuk mengembangkan dan mempercepat potensi wisata pelayaran di Pulau Bintan,” tambahnya.

Penasihat Kehormatan Menteri Pariwisata dan Ketua Tim Percepatan Pengembangan Wisata Bahari, Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, Indroyono Soesilo, yang hadir dalam perayaan kedatangan perdana Genting Dream Cruise menyampaikan bahwa kedatangan rutin kapal pesiar Genting Dream kedepannya pasti akan membawa momentum positif bagi Bintan.

"Kunjungan rutin kapal yang mengangkut ribuan penumpang pasti akan berkontribusi bagi ekonomi daerah Bintan selain juga meningkatkan citra pariwisata pulau ini," ujarnya.

Senada dengan hal itu, Duta Besar Indonesia untuk Singapura I Gede Ngurah Swajaya yang turut hadir mengatakan pelayaran perdana salah satu kapal Dream Cruises yaitu Genting Dream dari Singapura ke Bintan adalah awal dari eksposur yang lebih luas bagi Kepulauan Bintan sebagai tujuan wisata kelas dunia.

"Oleh karena itu, Bintan perlu mempersiapkan diri untuk menyambut lebih banyak turis asing dan membuat kunjungan mereka di pulau Bintan terasa nyaman, menyenangkan, dan berkesan," ujarnya.

Wakil Bupati Bintan, Dalmasri Syam yang menyambut para rombongan dalam acara ceremony kedatangan perdana Genting Dream Cruise ke Pulau Bintan merupakan sejarah baru bagi Bintan dalam bidang pariwisata yang selama ini menjadi andalan daerahnya.

Untuk itu, dirinya berharap agar semua pihak dan lapisan masyarakat dapat bersama-sama bersinergi memberikan kesan yang baik bagi wisatawan yang hadir. Hal ini agar nantinya dapat semakin meyakinkan pihak Dream Cruise untuk kedatangan-kedatangan selanjutnya, bahwa Bintan memang menjadi pilihan yang tepat sebagai salah satu rute pelayaran Kapal pesiar kelas dunia ini.

"Tidak hanya dari Pemerintah dan BRC, semua harus ikut andil dan mengambil bagian masing-masing. Intinya kita ingin agar kesan mereka berkunjung ke Bintan bisa mengarah ke hal positif dan menarik sehingga mereka semakin tertarik untuk selalu berkunjung ke Bintan," ungkap Dalmasri.

Sementara itu, Group General Manager (GGM) PT Bintan Resort Cakrawala (BRC) Abdul Wahab usai penandatangannan Nota Kesepahaman (MOU) dengan pihak Genting Cruise Lines menyampaikan dengan pemberhentian selama 12 jam di Pulau Bintan, para wisatawan akan memiliki banyak waktu untuk menjelajahi seluruh pulau, menjelajahi pantai-pantai berpasir putih yang belum terjamah, desa-desa pinggir pantai yang antik, dan daftar hotel dan resor yang mengesankan yang menawarkan kegiatan olahraga air.

Selama kunjungan Genting Dream ke Pulau Bintan, lanjut dia, para tamu kapal dapat menikmati berbagai wisata pantai yang telah direncanakan. Wisata pantai itu mencakup semua kelebihan pulau ini, dari mencicipi masakan lokal hingga berbelanja dan pijat tradisional Indonesia. Bagi yang suka berpetualang, Pulau Bintan terkenal dengan berbagai aktivitas air dan daratnya, termasuk wakeboarding, kayak, snorkelling, dan tur ATV off-road. Sementara itu, pecinta alam dapat mengunjungi Safari Lagoi, ECO Farm atau mengikuti Mangrove Eco Tour."Untuk para pecinta golf, Pulau Bintan menawarkan sejumlah lapangan golf kelas dunia. Para tamu yang lebih memilih untuk menjelajahi Pulau Bintan sendiri juga dapat mengambil paket Free and Easy Expedition untuk menentukan tujuan sesuai dengan keinginan mereka sendiri yang sudah termasuk dengan layanan feri dan penyeberangan ke dan dari Plaza Lagoi Bay di daerah resor Pulau Bintan yang indah," paparnya.

Kepala Dinas Pariwisata Bintan, Luki Zaiman Prawira menambahkan pihaknya menargetkan 50 persen dari penumpang kawal yang merupakan para wisatawan bisa turun dari kapal ke daratan Pulau Bintan.

"Kedatangan perdana ini, isi penumpang dinyatakan full dengan jumlah penumpang sebanyak 4.000 orang, ditambah kru dan awak kapal yang berjumlah 1.800 orang, kita targetkan 50% bisa turun dan menikamtai destinasi wisata yang ada di Binan," pungkasnya.
(sms)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak