Ilmuwan Ingatkan Kiamat Kecil di Depan Mata, Dunia Kembali ke Zaman Es

Senin, 12 Februari 2024 - 22:00 WIB
loading...
Ilmuwan Ingatkan Kiamat Kecil di Depan Mata, Dunia Kembali ke Zaman Es
Dunia berpotensi kembali ke zaman es. (Foto: Twentieth Century Fox)
A A A
JAKARTA - Para ilmuwan mengingatkan potensi terjadinya kiamat kecil dalam waktu dekat. Anomali alam akan membuat Eropa dan sejumlah tempat di belahan dunia lain, kembali ke zaman es . Gambaran zaman es baru ini mirip film fiksi ilmiah The Day After Tomorrow, di mana umat manusia terjebak dalam badai global yang menakutkan.

Para ilmuwan memprediksi dalam beberapa tahun ke depan lelehnya gletser bisa menutup Arus Teluk, yaitu sistem arus yang membawa kehangatan ke belahan bumi utara. Tanpa sumber panas tambahan ini, suhu rata-rata bisa turun beberapa derajat di Amerika Utara, sebagian Asia dan Eropa, dan manusia akan melihat konsekuensi serius di seluruh dunia.

Penutupan tiba-tiba arus Samudera Atlantik tampak lebih mungkin terjadi daripada sebelumnya, karena simulasi komputer menemukan titik ambang yang mengancam di masa depan.

Dilansir dari Daily Mail, Senin (12/2/2024), para penulis studi dari Universitas Utrecht di Belanda, tidak tahu secara pasti kapan keruntuhan akan terjadi, meskipun studi sebelumnya memprediksi tahun depan. "Kami semakin mendekati keruntuhan, tetapi kami tidak yakin seberapa dekat. Kita menuju ke titik ambang," kata penulis utama Rene van Westen, seorang ilmuwan iklim dan oseanografer di Universitas Utrecht.



Arus Teluk adalah bagian dari sistem arus yang jauh lebih luas, yang secara resmi disebut Sirkulasi Atlantik Meridional Terbalik atau AMOC. Diuraikan sebagai konveyor belt dari samudra, arus tersebut mengangkut air hangat dekat permukaan laut ke utara, dari daerah tropis hingga ke belahan bumi utara.

Ketika air hangat mencapai Atlantik Utara (di sekitar Eropa dan Inggris, dan pantai timur AS), itu melepaskan panas dan membeku. Saat es ini terbentuk, garam tertinggal di dalam air laut. Karena jumlah garam yang besar di dalam air, itu menjadi lebih padat, tenggelam, dan dibawa ke selatan di kedalaman bawah. Pada akhirnya, air ditarik kembali ke permukaan dan menghangat dalam proses yang disebut upwelling, menyelesaikan siklus tersebut.

Ilmuwan berpikir AMOC membawa cukup kehangatan ke belahan bumi utara sehingga tanpa itu, sebagian besar Eropa bisa masuk ke dalam beku yang dalam. Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa karena perubahan iklim, AMOC melambat.



Mesin konveyor ini berada di lepas pantai Greenland, di mana, seiring lebih banyak es mencair akibat perubahan iklim, lebih banyak air tawar mengalir ke Atlantik Utara dan memperlambat segalanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1847 seconds (0.1#10.140)