alexametrics

Taklukkan London, Tim Sapuangin ITS Juara Dunia

loading...
Taklukkan London, Tim Sapuangin ITS Juara Dunia
Tim Sapuangin 2 berhasil menjadi juara dunia dalam Drivers World Championship (DWC) yang digelar di London, Inggris, Senin (9/7/2018). Foto/Istimewa
A+ A-
SURABAYA - Mobil legendaris buatan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya Sapuangin kembali mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Kali ini, Tim Sapuangin 2 berhasil membenamkan mobil balap dari berbagai negara dan menjadi juara dunia dalam Drivers’ World Championship (DWC) yang digelar di London, Inggris, Senin (9/7/2018).

 



Dalam kejuaraan ini, mobil Sapuangin 2 lajunya tak terbendung oleh mobil lain dari berbagai negara maju. Sebelumnya, mereka berhasil lolos inspeksi teknis serta tahapan race validasi data. Tahapan ini merupakan validasi data saat bertarung di Shell Eco Marathon (SEM) Asia 2018 di Singapura, Maret lalu.

 

Manajer Nonteknis ITS Team Sapuangin Billy Firmansyah menuturkan, optimisme terjadi setelah sukses dalam race validasi data yang berhasil dilakukan. Langkah ini merupakan validasi dari pencapaian SEM Asia sebelumnya. “Kami harus menempuh minimal 95 persen dari hasil pencapaian SEM Asia. Dengan pencapaian kita di Asia 315 km/liter, maka kali ini minimal mencapai 300 km/liter dengan dua kali finish,” ujar Billy ketika dihubungi lewat pesan online.

 

Ia melanjutkan, kesempatan race yang diberikan pada tiap tim yaitu empat kali. Pihaknya  mengambil tiga kali kesempatan dari empat kali kesempatan yang tersedia. Namun, saat race akhirnya Tim Sapuangin hanya mengambil dua kali race dari tiga kesempatan yang ada. Pencapaian untuk race pertama yaitu 336 km/liter dan pada kesempatan kedua 305 km/liter.

 

Capaian tersebut sekaligus mematahkan rekor mobil Sapuangin XI EVO generasi kedua sendiri yang merupakan kendaraan teririt di dunia dengan capaian 316 km/liter saat di SEM Asia.
(rhs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak