alexametrics

Pleno Rekapitulasi Suara, Arinal-Nunik Pemenang Pilgub Lampung

loading...
Pleno Rekapitulasi Suara, Arinal-Nunik Pemenang Pilgub Lampung
Ketua KPU Provinsi Lampung Nanang Trenggono saat rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara Pilgub Lampung, Minggu (8/7/2018). FOTO/IST
A+ A-
LAMPUNG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung menetapkan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Lampung 2018 dalam Rapat Pleno Terbuka di Novotel, Bandarlampung, Minggu, (8/7/2018). Rapat pleno dengan agenda membacakan hasil rekapitulasi perolehan suara di 15 kabupaten/kotamadya di Lampung ini dihadiri oleh 15 KPU Kabupaten.

Berdasarkan rekapitulasi suara, pemenang Pilgub Lampung adalah pasangan calon nomor urut 3, Arinal Djunaedi-Chusnunia Chalim (Golkar, PKB, PAN) dengan perolehan 1.548.508 atau 37,78% suara. Disusul paslon nomor urut 2, Herman HN-Sutono (PDI Perjuangan) dengan 1.054.646 atau 25,73% suara, lalu paslon nomor urut 1, Ridho Ficardo-Bachtiar Basri (Demokrat, PPP, Gerindra) dengan 1.043.666 atau 25,46% suara. Posisi buncit ditempati paslon nomor urut 4, Mustofa-Ahmad Jajuli (NasDem, PKS, Hanura) yang hanya memperoleh 452.454 atau 11,04% dari 4.099.272 suara sah.

Ketua KPU Lampung Nanang Trenggono mengatakan, pihaknya menandatangani 8 eksemplar berita acara agenda rekapitulasi hasil penghitungan suara Pilgub Lampung 2018, termasuk sertifikat perolehan suara yang diberikan kepada 4 saksi masing-masing paslon, KPU RI, dan arsip. "Penetapan hasil rekapitulasi inilah yang kita tandatangani, masih ada waktu apabila ada sengketa di MK. Ini yang kita tanda tangani," kata Nanang Trenggono dalam siaran pers yang diterima SINDOnews, Minggu (8/7/2018).

Ketua Panwaslu Lampung Fatikhatul Khoiriyah menyatakan tidak ada catatan dalam penyelenggaraan pilkada Lampung. Hanya, dia menyarankan daftar nama pemilih tambahan perlu masuk dalam daftar pemilih tambahan Pemilu 2019. "Tidak ada catatan, kita sudah memantau dan mendengarkan apa yang disampaikan saksi masing-masing paslon," kata Fatikhatul Khoiriyah.

Sementara itu, ketua tim pemenangan paslon nomor urut 3, Arinal-Chusnunia (Nunik), Toni Eka Candra mengapresiasi seluruh elemen penyelenggara pilkada Lampung, KPU, Panwaslu dan aparat keamanan TNI/Polri dalam pelaksanaan Pilgub Lampung 2018. "Di tempat yang sama, kita juga sudah lakukan hitung cepat, angka tidak berubah. Terima kasih rakyat Lampung yang sudah memberikan hak pilih, juga kepada semua pihak yang menyelenggarakan pilkada dengan damai," kata Toni.
(amm)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak