Palembang Siaga 112 Selama Asian Games

Kamis, 05 Juli 2018 - 14:55 WIB
Palembang Siaga 112 Selama Asian Games
Palembang Siaga 112 Selama Asian Games
A A A
PALEMBANG - Menunjang kelancaran dan keamanan Asian Games bulan depan, pemerintah meluncurkan layanan panggilan darurat 112.

Layanan komunikasi darurat "Palembang Siaga 112" gratis bagi siapa pun yang membutuhkan informasi dan bantuan selama Asian Games. Layanan ini kerja sama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Pemprov Sumsel, INASGOC dan penyelenggara layanan telekomunikasi.

Direktur Jendral Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementrian Kominfo RI, Ahmad M Ramli mengatakan, layanan ini memudahkan para tamu baik atlet dan offisial dari berbagai negara yang akan berpartisipasi dalam perhelatan Asian Games 2018.

Call center panggilan darurat ini terkoneksi dengan kepolisian, dinas kesehatan, pemadam kebakaran, dan instansi lainnya. “Memberikan kemudahan untuk panggilan darurat sekaligus membantu kelancaran selama pelaksanaan Asian Games,” ujarnya seusai lauching di Griya Agung, Kamis (5/7/2018).

Layanan Palembang Siaga 112 menyediakan akses dalam enam bahasa, seperti bahasa Indonesia, Inggris, Cina, Arab, Korea dan Jepang. Adapun cara mengakses layanan ini cukup muda hanya dengan menghubungi 112 saja, gratis tidak dipungut biaya.

“Layanan ini merupakan pusat informasi yang digunakan untuk menerima dan mengirimkan permintaan pertolongan dalam keadaan darurat melalui jaringan telekomunikasi di Kota Palembang dan sekitarnya. Alhamdulillah semua operator siap mendukung, baik menyediakan akses signal yang baik, telepon lokal maupun luar,” katanya.

Gubernur Sumsel Alex Noerdin mengucapkan terima kasih atas dilaunchingnya layanan 112 ini. Dengan adanya layanan ini lebih memudakan masyarakat ataupun atlet, official dan tamu yang datang ke Palembang jika memerlukan bantuan darurat.

“Walaupun kota Palembang selama ini aman, namun panggilan darurat seperti ini sangat diperlukan pastinya. Mengingat layanan 112 ini bukan saja atlet dan ofisial saja bisa menggunakannya tetapi seluruh masyarakat di Sumsel,” ujarnya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4679 seconds (0.1#10.140)