Menko PMK dan Mensos Hadiri Puncak Hari Lansia di Yogyakarta

Kamis, 05 Juli 2018 - 14:30 WIB
Menko PMK dan Mensos Hadiri Puncak Hari Lansia di Yogyakarta
Menko PMK dan Mensos Hadiri Puncak Hari Lansia di Yogyakarta
A A A
YOGYAKARTA - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani dan Menteri Sosial (Mensos) Idrus Marhum menghadiri puncak peringatan Hari Lansia Nasional ke-22 di lapangan Denhanud Paskhas Yogyakarta, Kamis (5/7/2018).

Gubernur DIY Sultan Hamengkubuwono (HB) X menyambut kedatangan mereka di depan halaman Mako Denhanud Paskhas Yogyakarta didampingi Kapolda DIY, Danrem 072 Pamungkas, Danlanud Adisutjipto Yogyakarta, Danlanal Yogyakarta serta pejabat dinas dan kepala daerah di jajaran Pemda DIY.

Menko PMK Puan Maharani dalam Hari Lansia Nasional ke-22 bertema Lanjut Usia Sejahtera Masyarakat Bahagia itu memberikan penghargaan kepada pejabat, kelompok masyarakat dan keluarga yang berpartisipasi aktif dalam memberdayakan lansia. "Ada lima kategori penghargaan yang diberikan," kata ketua panitia Hari Lansia Nasional ke-22, Haryono Suyono.

Para lansia cukup antusias mengikuti acara tersebut, bahkan mereka sudah datang sejak pagi. Mereka ditempatkan di tenda memanjang yang ada di depan panggung utama. Acara ini tambah meriah, saat para lansia berkolaborasi dengan anak-anak dan anggota Paskhas Yogyakarta dengan memainkan tari Simbah Momong Putu.

Tarian ini merupakan kolaborasi tiga generasi, antara orang tua, anak muda, dan anak-anak. Orang tua direpresentatifkan dari para lansia yang menampilkan tarian kuda lumping (jaranan), anak muda diwakili anggota Paskhas Yogyakarta yang menampilkan kesigapan mereka dengan bela dirinya dan anak-anak juga menampilkan tarian jaranan yang juga diperagakan para balita. Tarian ini mengambarkan para orang tua dalam mengasuh dan mendidik anak-anak mereka dengan kasih sayangnya.

Tarian ini mendapat perhatian dari para hadirin yang kebanyakan para lansia. Terbukti dengan antusias ingin melihat penampilan tarian tersebut dan tepuk tangan, usai penampilan mereka. "Inilah bentuk semangat para lansia, tetap berkreasi meski dengan keterbatasan," kata Haryono Suyono.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2255 seconds (0.1#10.140)