Mengenal Ular Tinnin yang Memiliki 7 Kepala dan Berukuran Raksasa

Minggu, 11 Februari 2024 - 18:00 WIB
loading...
Mengenal Ular Tinnin yang Memiliki 7 Kepala dan Berukuran Raksasa
Ular merupakan salah satu makhluk Allah SWT yang diturunkan ke Bumi. (Foto: AZ Animal)
A A A
JAKARTA - Ular merupakan salah satu makhluk Allah SWT yang diturunkan ke Bumi. Hewan melata ini banyak ditakuti karena berbisa, melilit buruannya, dan menelannya hidup-hidup. Gambaran menakutkan ular tak hanya hadir saat berada di alam dunia, tapi juga di kehidupan setelah kematian. Disebutkan di alam barzah ada ular Tinnin yang diberi tugas menyiksa manusia.

Dari sejumlah literatur yang ada disebutkan ular Tinnin memiliki ukuran raksasa. Ular ini juga hadir dalam bentuk menyeramkan dengan tujuh kepala. Ia juga tak bersahabat dengan manusia, terutama yang banyak berbuat maksiat selama hidupnya.

Alam barzah sendiri adalah tempat di mana manusia menunggu Hari Kebangkitan, setelah kematian. Di alam ini, bagi yang beriman dan berbuat kebaikan semasa hidupnya akan mendapat nikmat kubur. Sebaliknya, siksa kubur yang pedih akan diberikan kepada para pendosa dan orang-orang yang menyekutukan-Nya.

Mengenal ular Tinnin


Informasi tentang keberadaan ular Tinnin berdasar pada hadits Nabi Muhammad SAW. Dalam berbagai kesempatan Nabi SAW semasa hidupnya mengingatkan kepada umatnya bahwa alam kubur itu nyata dan di dalamnya ada nikmat kubur dan siksa kubur yang sangat pedih. Salah satu siksa kubur yang akan menimpa umat manusia adalah serangan ular Tinnin yang tiada henti. Ular ini digambarkan memiliki ukuran raksasa sebesar gunung dengan jumlah kepala lebih dari tiga, dalam satu keterangan disebutkan 7 kepala dan ada pula yang menyebut 9 kepala.

Baca Juga: Mengenal Ular Syuja'ul Aqra, Ular yang Menemani di Alam Kubur

Dari Abul Haitsam dari Abu Sa’id Al-Khudzriy radhiyallahu ‘anhu, Nabi SAW bersabda:

والذي نفسي بيده انه ليسلط عليه تسعة وتسعون تنيناً، أتدرون ما التنين تسعة وتسعون حية لكل حية تسعة رؤوس ينفخون في جسمه ويلسعونه ويخدشونه الى يوم القيامة

“Demi Zat yang jiwaku ada di tangan-Nya sesungguhnya penghidupan yang sempit maksudnya adalah diutus kepadanya 99 Tanin – تنيناً – (ular yang sangat besar). Tahukah kalian apa itu Tanin? Tanin adalah 99 ekor ular, setiap ular memiliki 9 kepala. Mereka akan menyembur pada mayit, menggigit serta mencabik-cabiknya hingga hari kiamat”.

(HR. Baihaqi dalam kitab Itsbatu ‘Adzabil Qabri Hal. 62 Riwayat No. 68 oleh Imam Al-Baihaqi).

Dalam hadits lain disebutkan, dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah SAW bersabda:

“Barangsiapa yang meninggal dalam keadaan tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu pun, maka dia akan masuk surga. Dan barangsiapa yang meninggal dalam keadaan menyekutukan Allah dengan sesuatu pun, maka dia akan masuk neraka. Dan di antara mereka (penghuni neraka) ada yang disiksa dengan ular tinnin. Ular tinnin itu adalah ular yang besar, kepalanya seperti gunung.”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2877 seconds (0.1#10.140)