Irak Bisa Terjerumus ke Dalam Konflik Jangka Panjang, Mengapa?

Sabtu, 10 Februari 2024 - 15:34 WIB
loading...
Irak Bisa Terjerumus ke Dalam Konflik Jangka Panjang, Mengapa?
Perang bisa kembali berkecamuk di Irak. Foto/Reuters
A A A
BAGHDAD - Irak bisa terjerumus ke dalam konflik jika terjadi serangan balasan di wilayahnya oleh milisi dukungan Iran dan pasukan AS. Demikian diungkapkan Menteri Luar Negeri Irak Fuad Hussein.

Kenapa?

“Ketegangan saat ini antara Iran dan Amerika Serikat sangat tinggi,” ujarnya kepada BBC.

“Saya berharap kedua belah pihak menghentikan serangan mereka. Mereka tidak akan menyelesaikan masalah mereka di wilayah Irak,” katanya. “Kami membayar harga yang sangat mahal.”

Dalam seminggu terakhir ini, dampaknya adalah gelombang serangan udara AS yang menewaskan 17 pejuang dari kelompok bersenjata yang didukung Iran. Kemudian terjadi serangan rudal mematikan terhadap komandan milisi, Abu Bakir Al Saadi, yang mengubah jipnya menjadi bola api di jalan perumahan di Bagdad. Serangan itu dikutuk oleh pemerintah di sini sebagai “pembunuhan terang-terangan” tanpa mempertimbangkan nyawa warga sipil atau hukum internasional – sebuah dakwaan yang mengejutkan terhadap sekutu.

Serangan Amerika tersebut merupakan pembalasan atas terbunuhnya tiga tentara AS di Yordania. Militer Amerika mengatakan mereka akan “terus mengambil tindakan yang diperlukan” untuk melindungi rakyatnya sendiri.

Ketika kedua belah pihak saling bertarung, Irak semakin terpuruk.

Menteri mengatakan perundingan harus dilanjutkan mengenai penarikan 2.500 tentara AS, yang dikerahkan di sini sebagai penasihat sejak tahun 2014 untuk membantu mencegah kebangkitan kembali ISIS. Kabarnya – baik di pemerintahan maupun di jalanan – mereka telah melampaui batas waktu yang diharapkan.

“Mayoritas rakyat Irak tidak ingin ada pasukan asing di wilayah Irak,” katanya kepada kami. "Yang diundang (Amerika), akan kita lakukan melalui perundingan. Dan yang belum diundang harus keluar, kita harap juga melalui perundingan."

Tamu tak diundang – setidaknya tidak diundang olehnya – adalah milisi pro-Iran yang kuat di sini yang telah menargetkan pasukan AS. Secara resmi, banyak dari mereka adalah bagian dari pasukan keamanan Irak. Kritikus mengatakan mereka adalah prajurit Iran.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1724 seconds (0.1#10.140)